penampakan mobil tangga Aerial Ladder System di unit Basket (Azmy)

MALANGTODAY.NET – Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu hanya menempatkan 10 personel khusus dalam pengoperasionalan unit mobil tangga terbaru, Aerial Ladder Unit.

Hal ini mengingat kompleksitas sistem kerja dari unit mobil tangga pabrikan Turki ini. Dikatakan Kepala Bidang Operasional DPK Kota Batu, Santoso Wardoyo, sistem kerja unit mobil ini seluruhnya terintegrasi, berbasis digital.

“Jadi semisal ada kesalahan sedikit, maka sub sistemnya juga akan gagal semua,” paparnya kepada wartawan saat mengadakan pelatihan operasional kepada awak personelnya, Senin (17/7).

Hal ini dibenarkan oleh teknisi asal Turki, Muharrem Ozsoy mengatakan, bahwa dalam mengoperasikan mobil tangga merk “Il Karba” ini, perlu kecermatan dan kewaspadaan tinggi.

Dicontohkan pria asli Turki ini, dalam mengendalikan unit basket, musti dikendalikan perlahan. “Demi keawetan sistem kerja mobil, perlakukanlah seperti anda merawat anak-anak anda,” tuturnya.

Unit basket, lanjut Ozsoy, sangat rentan. Karena berkaitan langsung dengan mekanisme putaran tangga hingga 360 derajat tersebut. Usahakan untuk tidak menyentuh tanah, apalagi terbentur benda keras.

“Itu otomatis beban kerja jadi ada pada saya, jarak antar negara kita cukup jauh,” tutupnya sambil berkelakar sekaligus mengakhiri sesi pengenalan sistem kerja Aerial Ladder Unit, Senin (17/7).(azm/zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here