Unit Mobil Sabu Keluaran Belanda Sudah Terparkir Di Halaman Balaikota Among Tani (azmy)
Unit Mobil Sapu Sudah Terparkir Di Halaman Balaikota Among Tani (azmy)

MALANGTODAY.NET – Tingginya angka produksi sampah di Kota Batu membutuhkan penanganan cepat. Sebab itu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu mendatangkan unit mobil penyapu jalan senilai Rp 3,8 miliar.

Kepala DLH Kota Batu Arief As Siddiq menjelaskan, unit mobil sapu ini didatangkan guna penanganan masalah sampah di Kota Wisata ini dengan cepat, utamanya di jalan-jalan protokol.

“Dengan didatangkan mobil ini membantu kinerja kami dalam penanganan masalah sampah di kota wisata ini dengan cepat,” ungkapnya kepada awak media, Minggu (22/10).

Unit mobil penyapu jalan seharga Rp 3,8 miliar menggunakan dana APBD 2017 ini didatangkan melalui e-katalog. Kini, sudah datang dan terparkir di halaman Balaikota Among Tani.

Menariknya, body mobil ini didesain dengan gambar ikonik Kota Batu, yakni gambar Alun-Alun Kota Batu di badan kanan dan gambar Balaikota Among Tani di badan kiri.

Mobil penyapu ini, menurut Arief, didatangkan langsung dari Italia. Namun, ketika ditelusuri menurut laman resmi www.ravo.fayat.com, produsen unit mobil sapu ini ada dari Belanda.

Unit mobil sapu ini dirasa penting, mengingat banyak agenda kegiatan di Kota Batu dan kunjungan wisatawan yang turut menambah jumlah produksi sampah.

“Harapannya, mobil ini bisa digunakan lebih lama. Sangat penting di saat ada event besar dan agenda kegiatan di Kota Batu,” tandasnya.

Ditanya soal volume sampah mobil ini bisa memuat sekira 1,5 ton sampah berbagai jenis. Didukung dengan tenaga operasional sebanyak dua orang yang sudah terlatih.(azm/zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda