Diskominfo Kenalkan Aplikasi Smart Farmer, Seperti Apa Ya?
Sosialisasi Aplikasi Smart Farmer di Balai Kota Among Tani, Batu @istimewa

MALANGTODAY.NET – Dalam giat mengusung konsep Smart City, Dinas Pertanian bersama Dinas Komunikasi & Informatika (Diskominfo) Batu mempromosikan sistem aplikasi Smart Farmer untuk menunjang bidang pertanian Kota Batu.

Giat sosialisasi yang bertajuk “Smarter Farmer for Batu Smart City” ini mengundang para penyuluh pertanian di Dinas Pertanian Kota Batu pada Rabu (19/4) siang bertempat di Gedung B Lt. 2, Balai Kota Among Tani, Batu.

Adapun sistem aplikasi berbasis android dan website ini berisi seputar informasi dalam bidang pertanian mulai info cuaca, harga, benih, pupuk dan harga jual beli buah dan sayur.

Kasie E-Government dan Pemberdayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Rendra Adinata menjelaskan bahwa sistem aplikasi Smart Farmer ditujukan guna memajukan sentra pertanian organik yang berbasis kepariwisataan internasional.

“Sistem bisa diakses masyarakat luar Batu dan mempermudah akses petani lokal terkait informasi seputar bidang pertanian,” katanya. Untuk saat ini Diskominfo menyediakan jaringan wifi mencapai 10mbps/jam di 24 Kelurahan Kota Batu dan memberikan pendampingan di setiap kelurahan untuk mempermudah akses para petani,

“Selain itu kami juga melakukan pendampingan bagi petani yang belum terbiasa menggunakan smartphone,” tukasnya.

Rendra berharap adanya aplikasi bisa memberikan manfaat kepada masyarakat guna pengelolaan sumber daya secara efektif dan efisien.

Ditanya tentang kapan peluncuran aplikasi Smart Farmer sendiri, pihak Diskominfo akan merilisnya pada pertengahan bulan Juli 2017 mendatang.(azm/zuk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.