Pasang CCTV, Dishub Kota Batu Kembangkan Fasilitas Berbasis Digital
Ilustrasi pemantauan jalan raya via CCTV @ Medcom

MALANGTODAY.NET – Seiring berkembangnya teknologi yang serba elektronik ini membuat Pemerintah kota (Pemkot) Batu turut mengembangkan fasilitas lalu lintas dengan berbasis media digital.

Setelah sebelumnya berinovasi dengan wacana mobil derek gratis untuk memfasilitasi pengguna jalan di Kota Wisata Batu (KWB), Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu juga membuat terobosan lain yaitu layanan pantauan lalu lintas melalui CCTV kepada pendatang di kota wisata ini.

Baca Juga  Panwaslih Peringatkan Paslon dan Media Pers

Kepala Dishub Kota Batu Susetya Herawan menjelaskan bahwa ada 12 titik wilayah dipasang di kamera pemantau. Dengan adanya teknologi CCTV, Dishub Kota Batu menganggap bahwa pemantauan dan pengawasan jalan akan lebih mudah.

“Tujuannya ya untuk memberi informasi ikhwal memacetan, kecelakaan, bahkan bisa tindak kriminal,” jelasnya, Kamis (6/11/2018).

Baca Juga  Libur Panjang, Volume Kendaraan di Kota Batu Naik

Titik pemasangan CCTV itu di antaranya di jalan protokol Kota Batu, simpang tiga Jalan Dewi Sartika dan Imam Bonjol dan sejumlah jalan yang sering menjadi titik kemacetan.

“Kami rasa dengan CCTV ini nanti juga bia membantu untuk mengantisipasi jika ada kecelakaan, tindak kriminal serta mengungkap peristiwa kejahatan,” imbuhnya.

Lebih dari itu, menurutnya masyarakat kini juga telah diberi akses bagi mereka yang ingin mengetahui kondisi lalu lintas terkini. Caranya cukup dengan mengunduh aplikasi Aver Viewer milik Dishub Kota Batu dari Google Play Store secara gratis.

Baca Juga  Hari Ini Zakir Naik Akhiri Wisatanya di Batu

”Dengan aplikasi itu, pengguna bisa melihat kondisi lalu lintas di seluruh jalan raya Kota Batu. Itu karena aplikasi ini terhubung dengan 20 CCTV tersebar di 12 titik,” kata Susetya Herawan.

Herawan mengklaim aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh pemudik maupun wisatawan untuk menghindari kemacetan. Pengguna bisa memantau titik macet melalui smartphone dan bsia mencari solusinya.

Menurutnya, cara mengoperasikan aplikasi ini sangat mudah. Di mana wisatawan dan pemudik hanya perlu registrasi dan mengikuti petunjuknya saja. Setelah aktif, akan ada angka yang menunjukkan CCTV tiap titiknya. Pantauan itupun berlangsung secara real time selama 24 jam.

Baca Juga  Optimalkan Layanan Lalu Lintas Masyarakat, Ini Langkah Dishub Kota Batu

Dengan adanya fasilitas berbasis digital ini tentunya diharapkan dapat mengoptimalkan sarana dan prasarana khususnya dalam hal berlalulintas di Kota Wisata Batu Ini.


Reporter: Andika Fajar
Editor: Swara Mardika

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.