Para wartawan melapor ke Polres Batu terkait pelecehan terhadap profesinya @Ist
Para wartawan melapor ke Polres Batu terkait pelecehan terhadap profesinya @Ist

MALANGTODAY.NET – Puluhan wartawan di Kota melaporkan seseorang yang dianggap telah melecehkan profesi jurnalis di media sosial grup WhatsApp Forum Warga Batu (FWB).

Isi pesan tersebut menarasikan seolah-olah wartawan adalah profesi yang melek uang, sehingga terkesan meminta sumbangan. Padahal profesi wartawan adalah juru berita yang mengabarkan sebuah peristiwa untuk khalayak umum dengan benar dan akurat.

“Coba lihat menjelang hari raya ini…pasti banyak LSM dan wartawan yg masuk2 ke instansi2 dgn modus kegiatan atau apalah….klw ini tidak dilayani berimplikasi kurang baik..dilayani sbnrnx tdk ada anggarannx… lantas, bagaimana menyisihkannx,” demikian narasi WA terlapor di grup WA FWB dalam beberapa postingan.

Membaca pesan tersebut, salah satu wartawan senior di Kota Batu, Agus Susanto mengatakan bahwa itu merupakan bentuk pelecehan kepada semua wartawan.

“Tulisan (narasi) tersebut berisi melecehkan semua wartawan, karena tidak menyebutkan spesifik siapa (wartawan) yang dimaksud oleh terlapor,” ucapnya, belum lama ini.

Bahkan pesan tersebut dibuat dalam kata-kata berbeda, tapi intinya sama. Pesan tersebut juga diunggah beberapa kali oleh terlapor. Tak hanya itu, terlapor juga mengirimkan pesan tersebut secara pribadi kepadanya.

“Dia (terlapor) WA saya secara pribadi, dengan mengatakan jangan memanas-manasi, kalau tidak puas silahkan melapor. Dengan mencuatnya tulisan itu, benar-benar melecehkan profesi kami sebagai wartawan, dan itu sangat merugikan sekali,” imbuhnya.

Karena pesan tersebut, Agus dan rekan wartawan di Kota Batu merasa dilecehkan. Sehingga pihaknya melaporkan ke Polres Batu.

Hormati profesi seseorang

Kasatreskrim Polres Batu, AKP Anton Widodo, SH., yang menerima laporan tersebut mengatakan bahwa perlu tindakan penyelidikan secara mendalam. Pihaknya akan berkoordinasi dengan ahli bahasa untuk mengungkap pesan tersebut.

“Kami akan menyelidiki dahulu. Namun, kami juga berkoordinasi dan mendatangkan ahli bahasa. Jika memang ahli bahasa mengatakan bahwa itu memang bahasa melecehkan, maka otomatis kami bakal meningkatkan ke proses penyidikan kepada yang bersangkutan (terlapor)” jelasnya.

Perwira polisi ini juga menambahkan, siapa pun tidak boleh melecehkan profesi seseorang. Apa pun profesinya, sepanjang tidak melanggar hukum, tetap harus dihormati.

Diketahui bahwa seseorang tersebut (terlapor) adalah seorang pria beriniasial AFR, warga Jalan Brantas, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.