Komplotan curanmor yang selama ini meresahkan masyarakat kota Batu dan sekitarnya didampingi pihak kepolisian polres Batu @MalangTODAT.net / Andika Fajar
Komplotan curanmor yang selama ini meresahkan masyarakat kota Batu dan sekitarnya didampingi pihak kepolisian polres Batu @MalangTODAT.net / Andika Fajar

MALANGTODAY.NET Berkat kerja keras jajaran Polres Batu selama ini, akhirnya pihaknya berhasil mengamankan komplotan pencuri motor (curanmor) yang selama ini menjadi salah satu biang keresahan masyarakat kota Batu dan Malang.

Keempat pelaku curanmor ini adalah Faizal (18), Sori (35) dan Slamet (53) residivis yang sekaligus juga sebagai otak kasus pencurian sepeda motor ini. Ketiganya berasal dari Kelurahan Pertamanan, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan.

Sedangkan seorang lagi, Renata (22), merupakan anggota komplotan yang tinggal di Desa Pururejo, Kecamatan Tempursari, Lumajang.

Baca Juga  Kemen PAN RB Apresiasi Wilayah Bebas Korupsi Polres Batu

Kapolres kota Batu, AKBP Budi Hermanto SIK, MSi mengungkapkan bahwa keempat tersangka ini diketahui memang merupakan spesialis curanmor dan telah lama beroperasi melakukan tindakan pencurian motor, di 30 lokasi yang berbeda.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa dari tertangkapnya keempat pelaku pihaknya turut mengamankan sejumlah 12 unit sepeda motor sebagai barang bukti.

“Pelaku berbekal kunci T kemana-mana untuk mencari sasaran. Motor curiannya sebagian sudah dijual. Sedangkan sisanya yang belum terjual ini berhasil diamankan oleh petugas,” jelasnya, Jum’at (7/12/2018).

Menurut keterangannya lebih lanjut, ia juga mengungkapkan bahwa aksi komplotan curanmor ini di kota Batu telah tercatat ada 15 tempat kejadian perkara (TKP), sedangkan 15 TKP lainnya dilakukan mereka di Kota Malang. Ia juga menambahkan sasaran utama komplotan ini adalah motor matic.

“Dari interogasi yang kami lakukan, sasaran atau sepeda motor jenis Honda Beat, Scoopy dan Vario. Komplotan ini melakukan aksinya antara pukul 06.00 WIB hingga 12.00, WIB,” paparnya.

Pihak Polres Batu pun turut mempersilahkan para korban yang kehilangan sepeda motornya untuk mengambil kembali motornya, tentunya dengan menunjukkan bukti kepemilikan sepeda motor.

“Untuk motor bisa dipinjam pakai oleh para korban, dengan catatan nanti ketika ada proses sidang kami akan meminjamnya kembali sebagai barang bukti,” terangnya.

Hal tersebut tentunya disambut positif oleh para korban, seperti salah satunya adalah Jumariah, yang akhirnya dapat menemukan kembali sepeda motornya yang sempat digondol oleh pelaku ini. Ia menceritakan sepeda motornya dicuri saat berada di minimarket Jalan Diponegoro Kelurahan Temas.

Baca Juga  Gasak Motor Penghuni Indekos, Pelaku Curanmor Berhasil Diringkus

“Saat itu sepeda motor ini dibawa sama anak saya buat kerja. Ya tiba-tiba pas mau pulang nggak ada. Ya Alhamdulillah sekarang sudah kembali,” jelasnya singkat.

AKBP Budi Hermanto SIK, MSi pun juga menghimbau kepada masyarakat khususnya masyarakat kota Batu dan sekitarnya agar lebih waspada terhadap keamanan barang pribadinya seperti motor ini.

“Bisa dengan menggunakan kunci ganda, lalu parkirlah ditempat yang telah disediakan dan semestinya, agar tak memberi peluang kepada pelaku curanmor seperti mereka ini,” himbaunya.


Penulis : Andika Fajar
Editor : Ilham Musyafa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.