Keeksotisan Burung Merak Hijau kini hadir di halaman pendopo Balaikota Among Tani (Azmy)

MALANGTODAY.NET – Upaya menjadikan ruang publik, khususnya di Balaikota Among Tani sebagai representasi Kota Layak Anak (KLA) terus digeber. Salah satunya dengan menghadirkan kebun binatang mini.

Setelah beberapa waktu lalu mendatangkan koleksi satwa bebek dan kelinci, kini Pemkot Batu menghadirkan koleksi satwa eksotis terbaru, Burung Merak.

Kasi Bina Produksi dan Pemasaran Peternakan, Dinas Pertanian Kota Batu, Alfas Fatrus Akbar mengatakan, satwa langka tersebut didapat dari hibah Eco Green Park, Jatim Park Group.

“Sebagai kado ulang tahun pak Wali Kota, Eddy Rumpoko. Harga kisaran Rp 200 Juta,” paparnya ditemui MalangTODAY, Jumat (11/8).

Dipilihnya satwa burung merak, dikatakan Alfas, sebagai sarana edukasi tentang dunia fauna. Merak, sebagai jenis satwa dilindungi ini sekaligus sebagai misi pelestarian. “Bukan hanya sekadar display, tapi juga sebagai sarana edukasi pelestarian satwa,” kata Alfas.

Sejumlah satwa unggas jenis burung merak hijau dan ekor merak putih, masing-masing jenis ada dua ekor ini telah mengundang perhatian banyak kalangan di BAT sekira pada Selasa (8/8) kemarin.

Sebelumnya, pembuatan kandang telah dimulai sejak sebulan lalu. Terdapat dua kandang sesuai dengan jenis merak, dengan panjang lebar kandang masing-masingnya sekira 5×6 meter.

Tidak puas hanya disitu, Alfas mengatakan, bahwa Pemkot Batu juga akan mendatangkan koleksi satwa lain yang tak kalah eksotis.

“Dalam dekat, rencananya kami akan mendatangkan satwa rusa,” tutupnya.(azm/zuk)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.