Batu Siaga Bencana Alam
Photo by BNBD to Malang Today.net

MALANGTODAY.NET – Cuaca yang tidak menentu masih menjadi ancaman bagi wilayah Kota Batu. Curah hujan yang tinggi dan kemiringan wilayah menyebabkan rawan terjadinya bencana alam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, mengaku terus bersiap siaga dalam menghadapi setiap kejadian. Pihaknya mensosialisasikan upaya pencegahan bencana kepada masyarakat.

Sosialisasi tersebut meliputi bagaimana melihat potensi bencana yang akan terjadi dan penanggulangan awal ketika terjadi bencana.

“Kami juga melaksanakan sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk terus meningkatkan kesadaran akan potensi bencana alam di setiap daerah dan penanggulangan awal dengan harapan kegiatan sosialisasi ini bisa meminimalisir angka korban jiwa,” tutur Agung Sedayu, Sekretaris BPBD Kota Batu, Jumat (10/3).

“Kota Batu memiliki potensi bencana alam mulai tanah longsor, banjir bandang, angin puting beliung hingga kebakaran hutan,” ujar pria yang akrab disapa Agung ini.

Lebih lanjut, Agung menjelaskan pihaknya sebagai bentuk antisipasi terjadinya bencana sudah melakukan monitoring di daerah rawan bencana. “Kami sudah menyiapkan tim reaksi cepat agar ketika terjadi bencana sudah bisa kami tangani secara baik,” paparnya.

Pria yang tinggal di daerah Dinoyo ini berharap masyarakat, khususnya wilayah Batu bisa meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan di sekitarnya untuk mencegah terjadinya bencana alam.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here