Bahaya! Plengsengan di Bibir Sungai Kota Batu Rawan Ambles
Lokasi plengsengan bahu jalan yang ambles telah terpasang police line (Istimewa)
Reporter: M. Ulul Azmy

Editor: Endra Kurniawan

MALANGTODAY.NET – Hujan deras yang mengguyur daerah Kota Batu mengakibatkan plengsengan bahu jalan di Jalan Melati RT01/RW03 Dusun Kapru, Desa Gunung Sari Bumiaji, Kota Batu, ambles. Perlu diketahui, lokasi bahu jalan yang ambles ini terletak tepat di bibir sungai.

Dari data yang diterima MalangTODAY dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, plengsengan bahu jalan yang ambrol memiliki dimensi panjang 15-20 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi sekira 7-8 meter.

Kejadian longsor ini terjadi pada Kamis (4/1) sekira pukul 21.30 WIB, namun laporan baru diketahui pada Jumat (5/1) pukul 09.10 WIB.

“Hujan deras kemarin sore membuat debit air sungai brantas naik, sehingga menyebabkan plengsengan dan bahu jalan sepanjang 20 meteran ini, ambrol. Juga ada 9 pohon di pinggir jalan juga ikut ambrol,” ungkap Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Batu Suhartono kepada awak media, Jumat (5/1)

Akibat kejadian itu, arus lalu lintas kendaraan masuk keluar desa agak sedikit terhambat. Dari hasil koordinasi bersama warga dan perangkat desa, lokasi longsor segera dilakukan pemasangan Police Line. Lebih lanjut, awak TRC BPBD Kota Batu juga melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR Kota Batu.