Malangtoday.net – Kepakan sayap puluhan merpati menyambut kedatangan pengunjung yang masuk dalam area pasar burung yang berada di dalam kawasan wisata Eco Green Park, Kota Batu.

Sekitar 200 ekor burung merpati dengan tiga jenis berbeda masing-masing merpati lokal, merpati kipas dan merpati megan dilepas liarkan di area pasar burung Eco Green Park sehingga keberadaannya dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung.

Tak heran jika burung yang masuk dalam famili columbidae tetap tenang meskipun pengunjung mendekatinya. Para pengunjung dapat juga berfoto bersama dengan merpati.
Ada satu cara unik yang diberikan keeper untuk menyajikan foto yang berkesan bagi pengunjung.

Keeper akan mengajak pengunjung untuk berdiri di satu titik spot foto yang telah disediakan, sembari mengundang burung-burung merpati dengan beras merah hingga bergerombol menjadi satu kerumunan.

“Selesai diberi makan gerombolan puluhan merpati itu akan terbang melintasi pengunjung yang berdiri di spot foto, seolah-olah mengerubungi tubuh, ” jelas Eka Bagus Pratama, keeper are pasar Burung Eco Green Park.

Ia mengatakan, perlu mengatur pola dan jenis makanan agar merpati mudah datang bergerombol, terlebih saat akan ada pengunjung yang ingin berfoto dengan merpati yang terbang melintas.

“Merpati di sini dikasih beras merah, kalau jagung susah untuk mencerna, karena untuk mempercepat pencernaan dia (merpati) mematuk kerikil,” tukas Eka

Berikan tanggapan Anda