Aplikasi Smart City Kota Batu Dilirik BPJS
Diskominfo Kota Batu dan BPJS Kota Batu berkunjung untuk mendiskusikan rencana integritas aplikasi di Ruang Command Centre BATT (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Kehadiran sistem tata kelola kota terintegrasi Smart City di Kota Batu diapresiasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kota Batu. Hal ini mengingat, BPJS juga memiliki aplikasi baru bernama Mobile JKN.

Untuk kebutuhan pemerataan kepemilikan kartu BPJS, Kepala BPJS Kota Batu F. Prasetyo Wibowo bersama jajaran datang berkunjung ke ruang Command Centre Smart City Balai Kota Among Tani, Selasa (16/1).

Dikatakan Prasetyo, kedatangan pihaknya mengapresiasi aplikasi terbaru Pemkot Batu ini juga dalam rangka mendiskusikan terkait integrasi aplikasi Mobile JKM dengan Batu Among Tani Teknologi.

Sebagaimana diketahui, kepemilikan kartu BPJS masyarakat Kota Batu masih dibawah 50 persen. “Masyarakat masih merasa belum butuh fasilitas BPJS, kesadaran masyarakat terkait pentingnya kesehatan masih kurang,” kata Prasetyo.

Mobile JKN sendiri, lanjut Prasetyo, sudah bisa diunduh di Google Playstore maupun Apple Store. Disana, pengguna bisa mencari segala informasi dan pelayanan BPJS dimanapun warga berada. “Aplikasi ini akan memberikan Informasi dokter dan pelayanan kesehatan yang terintegrasi dengan BPJS di manapun seluruh Indonesia secara cepat, mudah dan terpadu,” terangnya.

Sebagai informasi, layanan yang tersedia pada aplikasi Mobile JKN antara lain registrasi BPJS, mendapatkan informasi JKn, Lokasi Faskes, Iuran dan Catatan Pembayaran, cek Virtual Account, Skrining riwayat kesehatan, mengubah data peserta hingga pengaduan keluhan dan e-ID kartu kepesertaan.

Sementara, Kepala Diskominfo Kota Batu Drs. Siswanto terkait rencana integrasi aplikasi ini mengatakan, pihaknya akan mengupayakan rencana tersebut dengan melakukan sikronisasi aplikasi dalam hal teknis.

Saat ini, lanjut Siswanto, penggunaan teknologi informasi dan telekomunikasi semakin pesat, terutama penggunaan perangkat telepon pintar yang dimiliki sebagian masyarakat.

“Dengan harapan semoga aplikasi ini bisa punya manfaat yang optimal dalam memberikan pelayanan publik di Kota Batu,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (16/1).

Loading...