Antisipasi Macet Akhir Tahun, Arus Lalu Lintas Dialihkan
Pemberlakuan one way traffic system di Jalan Dewi Sartika Kota Batu telah dimulai sejak seminggu (M. Ulul Azmy)

MALANGTODAY.NET – Menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018, volume kendaraan menuju wilayah pariwisata Kota Batu dipastikan meningkat.

Guna mengantisipasi menumpuknya kendaraan yang mengakibatkan macet berkepanjangan, Polres Batu dan Dinas Perhubungan Kota Batu memberlakukan pengalihan arus kendaraan di sejumlah titik rawan macet.

Seperti tampak pada pengalihan arus berupa one way traffic system atau satu arah sudah diberlakukan di Jalan Dewi Sartika (Pasar Besar Batu) sejak seminggu ini.

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto menuturkan bahwa pengalihan arus diterapkan jika selama terjadi kepadatan arus kendaraan di jalur utama.

Baca Juga: Libur Telah tiba, Arus Kendaraan Surabaya – Malang Terus Meningkat

“Jika terjadi kepadatan di sepanjang jalur utama Kota Batu, kendaraan yang akan masuk wilayah Kota Batu akan dialihkan lewat jalur-jalur alternatif,” kata Budi kepada awak media usai apel gelar pasukan.

Antisipasi Macet Akhir Tahun, Arus Lalu Lintas Dialihkan
Untuk mengantisipasi macet akhir tahun, Polres Batu dan Dinas Perhubungan Kota Batu telah membuat jalur alternatif memperlancar arus lalu lintas (Polres Kota Batu)

Perlu diketahui, ada sejumlah empat jalur alternatif yang ada di Kota Batu. Mulai jalur Karangploso-Bumiaji, Jalur Gunung Wukir, Jalur Lintas Barat dan Jalur Cangar-Pacet.

Jika terjadi kepadatan di ruas jalan utama Kota Batu, arus kendaraan dari wilayah Kota Malang akan dialihkan menuju setiap jalur alternatif tersebut.

Baca Juga: Ini yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menghadapi Macet Pas Liburan

Sementara, untuk arus kendaraan yang datang dari wilayah barat (Pujon-Ngantang-Kediri) akan dialihkan melalui jalur Pesanggrahan-Taman Makam Pahlawan (TMP)-Jalan Sultan Agung.

“Jalur Pesanggrahan itu juga digunakan sebagai jalur pengalihan bagi pengendara yang akan menuju arah Bumiaji,” terang Budi.

Loading...