Anda Warga Kota Batu? Cegah Bencana Sejak Dini!
Ilustrasi menanam pohon (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Kota Batu masuk urutan ke-360 dari 496 kota dari seluruh Indonesia dalam Indeks Risiko Bencana Kabupaten/Kota yang dirilis oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Masuk dalam urutan 360, membuat Kota Apel ini memasuki kategori Sedang, dalam terjadinya bencana alam. Namun, kata ‘sedang’ tersebut tak bisa dianggap sepele saja karena dilansir dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, sepanjang tahun 2016 lalu Kota Wisata ini telah terjadi bencana alam sekitar 90 kali.

Sekretaris BPBD Kota Batu, Agung Sedayu menyatakan bencana yang terjadi tersebut meliputi tanah longsor, banjir dan beberapa bencana lainnya.

“Kalau kami teliti lebih lanjut terjadinya bencana di Batu terus meningkat dari tahun 2014 hingga sekarang dan hal ini juga dirasakan dengan daerah lain di Indonesia,” kata pria yang akrab disapa Agung ini.

Lanjut pria kelahiran Solo ini, adanya peningkatan tersebut karena adanya penurunan kualitas lingkungan serta perubahan iklim.

“Hal ini bisa kita lihat kondisi iklim di Batu yang saat ini sudah tidak terlalu dingin seperti dulu dan fungsi lahan yang beralih untuk komoditas,” ujarnya.

Agung berpesan kepada masyarakat agar terus menjaga lingkungan guna mencegah terjadinya bencana alam.

“Semoga masyarakat semakin meningkatkan kesadaran akan menjaga lingkungan, salah satunya dengan tidak membuang sampah di sungai tapi di tempat yang sudah disediakan. Masyarakat kita cenderung setelah terjadi bencana baru sadar, oleh karena itu sebelum bencana terjadi kita harus sadar terlebih dahulu,” pungkasnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here