KIA di Kota Malang Belum Terakomodir 100 Persen
Sejumlah Anak-Anak Sekolah memamerkan Kartu Identitas Anak seusai Upacara Peringatan Hardiknas 2017. (Azmy)

MALANGTODAY.NET – Dalam peringatan Hardiknas 2017 kali ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) meresmikan penggunaan Kartu Identitas Anak (KIA). Kartu ini dibagikan seusai upacara kepada ribuan murid dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Keatas (SMA), Selasa (2/5).

Kepala Dispendukcapil, Maulidiono dalam sambutannya di depan peserta upacara mengungkapkan bahwa KIA ini memiliki banyak kegunaan bagi anak-anak se-Kota Batu.

“KIA merupakan bentuk upaya dari pemerintah untuk melindungi hak anak secara konstitusional,” ungkapnya.

Selain itu, ia menambahkan dengan adanya KIA juga berfungsi sebagai kartu sakti. Pasalnya, pengguna KIA akan mendapatkan beberapa keistimewaan.

“Diberlakukannya diskon bagi pemilik KIA ketika memasuki tempat-tempat wisata,  wisata kuliner dan juga bisa digunakan untuk membuka buku rekening tabungan,” jelasnya disambut sorak sorai peserta anak-anak sekolah.

KIA sendiri berlaku untuk anak mulai dari umur 0 tahun hingga 17 tahun.

Sementara itu, bila ada anggota keluarga yang belum terdaftar atau belum mendapatkan KIA, Maulidiono menghimbau agar segera melakukan pendataan ke kantor Dispendukcapil.

“Jangan khawatir, layanan ini gratis tidak dipunguti biaya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, terhitung hingga bulan Mei 2017, sejumlah 3000 anak sudah terdaftar memilik KIA untuk sementara.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here