Ilustrasi @nakita
Ilustrasi @nakita

MALANGTODAY.NET – Saat bulan puasa, makan makanan yang menyegarkan memang luar biasa. Apalagi makanan itu mengandung banyak air. Termasuk makan buah semangka, sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa maupun sahur.

Buah semangka dikenal memiliki banyak kandungan air. Kandungan air dalam semangka mencapai 92 persen. Tentu, dengan kandungan air tersebut, semangka juga bisa membantu menambah asupan air dalam tubuh.

Selama puasa, air sangat diperlukan. Mengingat bahwa tubuh manusia terdiri dari air. Kalau sampai mengalami dehidrasi, bahaya kepala pusing, kurang konsentrasi, kelelahan, dan lemas bisa menyerang kapan saja. Semangka menjadi salah satu solusi jitu untuk menghindari dehidrasi selama puasa.

Seperti dilansir dari Detikfood, berikut manfaat buah semangka yang baik bagi kesehatan tubuh.

Rendah kalori
Ilustrasi buah semangka @1health

Selain banyak mengandung air, semangka juga termasuk buah yang rendah kalori. Per 100 gram semangka mengandung (hanya) 28 Kkal. Sebab itu, buah semangka juga sangat cocok dikonsumsi bagi ZensTODAY yang menjalankan program diet.

Kandungan lain dari buah ini adalah rendah gula, kaya vitamin A, C, dan B, asam amino berupa kalium dan citrulline yang tentu sangat dibutuhkan tubuh.

Buah yang identik berwarna merah dan kuning ini juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat penting dan dapat memerangi kanker. Antioksidan ini dapat melindungi sistem kekebalan tubuh Anda dan mudah diserap tubuh.

Melindungi kulit
Ilustrasi @konsultasikulit

Pigmen antioksidan berwarna merah pada buah (semangka) sangat penting bagi kesehatan tubuh. Pigmen tersebut likopen dan beta karoten yang dapat membantu melindungi kulit dari sengatan matahari.

Dalam sebuah penelitian, likopen bertindak seperti tabir surya dari dalam. Wanita yang mengonsumsi 16 mg lycopene (likopen) sehari selama 12 minggu menunjukkan pengurangan efek merusak sinar UVA dan UVB, termasuk sinar matahari dan kerusakan sel.

Baik untuk kesehatan mata
Ilustrasi @pelesirankotatua
Ilustrasi @pelesirankotatua

Kandungan likopen yang tinggi dalam semangka dapat melindungi mata terhadap kerusakan oksidatif dan peradangan. Hal ini juga dapat membantu dalam mencegah degenerasi makula terkait usia. Makula bisa mencegah kebutaan yang (biasa) terjadi pada usia tua.

Tingkatkan pencernaan
Ilustrasi @1health

Kandungan air yang tinggi, dapat membantu melancarkan pencernaan. Makan buah-buahan yang tinggi air seperti semangka dapat membantu pergerakan usus normal.

Olahan semangka

Buah berwarna merah dan kuning ini tentu sangat menggoda saat berbuka puasa. Gigitan buah yang biasa berbunyi ‘kres’ ini juga sangat enak digunakan untuk olahan takjil. Semangka sangat enak dibuat campuran es buah, baik dengan sirup ataupun santan.

Semangka juga sangat enak dijadikan jus. Tambahkan sedikit es untuk membuat sensasi dingin. Jus semangka sangat segar diminum saat buka puasa.

Kesegaran semangka juga sangat enak dikonsumsi secara langsung. Sensasi kesegaran makan semangka secara langsung, dapat melegakan tenggorokan yang seharian menahan lapar dan haus. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.