MalangTODAY.net
MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Atlet sepatu roda Kota Malang menuai prestasi luar biasa di kancah PON Jawa Barat. Yossy Aditya Nugraha (15), merebut dua medali emas dan satu medali perak sebagai atlet perwakilan Jawa Timur. Atlet binaan Malang In Line Skates (MILS) Kota Malang tersebut membawa harum nama Kota Malang di level nasional.

“Saya mendapat dua emas dan satu perak. Untuk emas, saya dapat di kelas TTT 10 kilometer dengan tim beranggotakan 4 orang. Lalu, saya juga dapat emas di relay estafet. Sedangkan, medali perak saya dapat di kelas ITT 5 lap,” kata Yossy Aditya Nugraha, saat dikonfirmai awak media di sela-sela sesi latihan MILS di Velodrom, Kamis (29/9).

Menurutnya, perjuangannya meraih dua emas dan satu perak tidak mudah. Sebab, dia harus menghadapi lawan-lawan berat. Selain tuan rumah Jawa Barat yang diuntungkan suporter kandang, Yossy menyebut langganan juara seperti DKI, Jawa Tengah dan Kalimantan Timur juga memberi persaingan sengit di lintasan.

“Tapi, latihan di Puslatda Jawa Timur terbayar lunas. Saya latihan pagi, siang dan sore, hasilnya terasa saat turun di lintasan. Alhamdulilah. Saya puas, senang karena ini adalah medali emas pertama saya di PON,” kata putra pasangan Suwono dan Ari Eka Pinarni tersebut. 

Yossy menambahkan, saat ini dia sedang menurunkan tensi latihan untuk persiapan masuk ke turnamen di Kepanjen.

Pelatih kepala MILS, Yuhartono bangga dengan prestasi atlet klubnya. “Kami bangga dengan prestasi Yossy. Saya tahu kerja kerasnya bagaimana. Dia ini spesialis jarak panjang. Kelas di PON bukan hanya 300 meter tapi juga 1000 meter. Latihan speed endurance-nya muncul,” kata Yuhartono.

Menurutnya, Yossy akan menjadi alat tolak ukur bagi perkembangan calon atlet di MILS. Sebab, alumnus SMPN 21 Malang dan saat ini menduduki kelas X di SMA Negeri 2 Kota Malang tersebut membawa pengalaman serta jam terbang di level nasional. Para juniornya di MILS akan mendapat banyak ilmu yang bermanfaat untuk pertumbuhan skill serta etos latihan demi mencapai prestasi.

“Kami mengharap pengalamannya bisa membantu kepelatihan dan membawa adik-adiknya ikut berprestasi. Adik-adiknya akan sangat meniru apa yang dicapai Yossy saat ini. Yossy merupakan wujud misi MILS, yakni mencetak atlet berprestasi. Semoga adik-adiknya nanti bisa prestasi,” tambah Yuhartono.

Meski demikian, dia berharap Pemerintah Kota Malang lewat KONI dan cabor sepatu roda bisa memberi apresiasi yang pantas untuk Yossy. Tak hanya membawa nama Jawa Timur, Yossy juga menyandang nama Kota Malang yang berkibar di tanah pasundan. “Kami harap ada apresiasi dari KONI dan cabor sepatu roda, semoga ada apresiasi yang sepantasnya,” tutup Yuhartono. (Tyo/Mey)

 

Berikan tanggapan Anda