Malangtoday.net Dalam sambutannya saat pengukuhan pengukuhan Satuan Petugas (Satgas) Waspada Investasi Kabupaten Malang bertempat di Pendopo Agung Malang, beberapa hari yang lalu Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna mengungkapkan komitmennya untuk membentengi warga Kabupaten Malang dari upaya-upaya penipuan berkedok investasi.

Bung Rendra menyampaikan, bahwa yang melatarbelakangi komitmen bersama ini adalah maraknya kasus penipuan ataupun tindakan melawan hukum lainnya terkait dengan penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi, yang kesemuanya menimbulkan kerugian dari sisi materi dan membuat tidak tenang bagi masyarakat.

“Dunia investasi itu sendiri seringkali dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab karena memang ketertarikan masyarakat pada sektor ini cukup tinggi. Terlebih dengan semakin meningkatnya kesadaran investasi pada masyarakat yang semakin terbuka pemikirannya bahwa bekerja tidak hanya untuk hari ini tetapi juga untuk masa depan yang berarti membutuhkan investasi dan jika tepat menempatkannya akan menjadi sektor yang menjanjikan keuntungan besar,” jelasnya.

Tim yang dikukuhkan merupakan tim yang terdiri dari unsur OJK Malang, Polres Malang, Kejaksaan Negeri, Kantor Kementerian Agama, dan Pemerintah Kabupaten Malang. Untuk lingkup Pemerintah Kabupaten Malang yang secara khusus terlibat adalah Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Kantor Penanaman Modal.

Untuk itu, diharapkan kepada tim lintas sektoral maka diperlukan adanya koordinasi, kerjasama dan sinergitas dari seluruh stakeholder terutama dari seluruh anggota Tim Kerja Satgas dengan didukung oleh lembaga keuangan (bank dan non-bank), serta masyarakat luas, termasuk pula koordinasi dan kerjasama lintas daerah sehingga tercipta kelancaran dan kesuksesan dalam pelaksanaan upaya pencegahan dan penanganan dugaan tindakan melawan hukum di bidang penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi.

Hadir dalam giat tersebut, Deputi Otoritas Jasa Keuangan RI, Kepala Kantor Regional Otoritas Jasa Keuangan Jawa Timur, Kapolres Malang, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Jajaran Forpimda Kab. Malang, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan Malang, Anggota Tim Kerja Satuan Tugas Pencegahan Dan Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum Di Bidang Perhimpunan Dana Masyarakat Dan Pengelolaan Investasi Di Kabupaten Malang, Anggota DPR RI Komisi XI Dapil Malang (Ir. Andreas Eddy Susetyo, M.M), Anggota Tim Kerja Satuan Tugas Waspada Investasi Kabupaten Malang, Pimpinan Cabang Bank Umum, BPR, Lembaga Pembiayaan (Leasing), Asuransi Dan Pegadaian. Kegiatan ditutup dengan Sosialisasi dari Stagas Waspada Investasi Bapak Tongam L Tobing dan Sosialisasi tentang Edukasi dan Perlindungan Konsumen oleh Bapak Anto Prabowo.(rif)

 

Berikan tanggapan Anda