siswa sedang bertanding voli. pic. M. Arief

MALANGTODAY.NET  Kompetisi tahunan yang mempertandingkan berbagai cabang olahraga dan seni tingkat Madrasah Tsanawiyah se Kabupaten Malang kembali digelar. Kompetisi yang lebih dikenal dengan nama AKSIOMA, ( Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah) tahun ini gelaran dipusatkan di MTsN  III Sepanjang Gondanglegi.

Ketua pelaksana AKSIOMA MTs se-Kabupaten Malang 2016, Saadi S. Pd mengungkapkan, ajang kompetisi ini mempertandingkan enam cabang olahraga (cabor) dan delapan bidang seni. Sedangkan, jumlah peserta yang bersaing adalah 849 atlet, yang merupakan kontingen subrayon MTs Kabupaten Malang yang beranggotakan 10 Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs.

Ajang AKSIOMA MTs Kabupaten Malang 2016 ini diawali dengan upacara pembukaan dan defile kontingen. Saat upacara pembukaan, kepala Kemenag Kabupaten Malang bertindak sebagai inspektur dan membuka AKSIOMA dengan terlebih dulu melepas balon menandai dimulainya kompetisi tahunan ini.

“Para atlet kontingen AKSIOMA ini adalah para siswa-siswi terbaik yang telah melalui seleksi sebelumnya di tingkat sub rayon masing-masing. Mereka mewakili siswa dari setidaknya 176 MTs se Kabupaten Malang,” terangnya kepada beberapa media yang datang.

Dikatakan, para atlet pelajar berbakat ini akan memperebutkan 34 medali dari 16 nomor lomba bidang olahraga dan seni yang dipertandingkan. Nomor yang diperlombakan paling banyak adalah cabor atletik, yakni nomor lari 100 meter, 400 meter dan 5.000 meter dengan track jalan raya.

Sementara, lanjutnya, selain lokasi MTsN Malang III, tempat pertandingan juga tersebar di sejumlah tempat, khususnya untuk cabang olahraga. Seperti, cabor atletik dipusatkan di stadion Kahuripan Turen, futsal di lapangan Talok, bola voli putra di SMAN 1 Turen, dan cabor bulu tangkis di lapangan indoor SMAN 1 Gondanglegi.

“Juara 1 tiap kategori dari masing-masing cabor dan bidang lomba AKSIOMA Kabupaten Malang ini nantinya menjadi tiket kontingen di ajang yang sama tingkat provinsi yang rencananya akan digelar Februari 2017 mendatang,” imbuh Saadi.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda