5 Universitas Tertua di Dunia, Oxford Nomor Berapa Ya?
Universitas Oxford@ Eropa.panduanwisata.id

MALANGTODAY.NET– Banyakanya masyakarakat yang sadar akan pentingya sebuah penddidikan kini masyarakat berlomba-lomba untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi, salah satunya adalah pendidikan yang diperoleh di perguruan tinggi atau universitas. Situasi seperti inilah penyebab kenapa kita banyak menemui universitas diberbagai dunia termasuk Indonesia.

Kita pasti banyak menemui universitas dalam satu kota sekalipun, mulai dari universitas yang baru didiri maupun universitas yang sudah dibangun sejak berabad lalu. Tapi tahukah kamu ternyata ukanniversitas sudah ada sejak tahun 1000an bahkan hingga ratusan tahun yang lalu. Nah, penasaran? berikut selengkapnya!

Baca Juga: 7 Tas Ibu Negara Ini Harganya Selangit! Lihat Punya Iriana Jokowi

1. Universitas Al- Qarawiyyin

Universitas Al- Qarawiyyin@ Alaraby.co.uk

Universita yang tercatat sebagai universitas tertua didunia adalah Universitas Al- Qarawiyyin. Percaya atau tidak universitas ini dibangun pada tahun 895. Universitas ini mulanya berasal dari aktivitas diskusi yang diadakan di lingkungan masjid.

Secara bertahap materi yang dibahas dalam diskusi bukan hanya studi Al Quran dan Fikih tetapi berbagai bidang mulai daru tata bahasa, logika, kedokteran, matematika, astronomi, kimia, sejarah, geografi, dan musik.

2. Universitas Al-Azhar

Universitas Al-Azhar@ moneter.co.id

Selanjutnya adalah Universitas Al Azhar berada di Mesir yang menempati urutan kedua sebagai universitas tertua yang didirikan pada 970-972. Berdirinya Al-Azhar mula-mula dibangun dan difungsikan sebagai sarana atau wadah untuk dunia pendidikan. Kemudian Al Azhar juga berfungsi sebagai pusat sastra dan literatur Islam Arab Sunni. Di universitas ini juga diajarkan berbagai bidang ilmu pengetahuan modern.

3. Universitas Nizamiyya

Universitas Nizamiyya@ Ghanalive.TV

Pada abad ke ke-11 M Khwaja Nizam al-Mulk mendirikan Universitas Nizamiyya, ini adalah satu dari sejumlah universitas yang didirikan olehnya. Universitas Nizamiyya adalah yang paling terkenal dari semua sekolah Nizamiyyah adalah Al-Nizamiyyah di Baghdad, didirikan pada 1065 di Dhu’l Qa’da dan beroperasi di Isfahan.

Baca Juga: Nggak Nyangka, Ini 7 Fakta Mengejutkan Tentang Tubuh Cowok yang Tak Banyak Orang Tahu

4. Universitas Bologna

Universitas Bologna@ Youthmanual.com

Universitas ini didirikan ada tahun 1088 di Bologna, Italia. Universitas Bologna termasuk universitas yang yang dikategorikan sebagai universitas unggul pada masa perang dunia kedua hingga saat ini. Hal ini tentu tidak heran karena pada masa itu, para pemimpin menempatkan universitas untuk menjalin hubungan dengan institusi-institusi di negara yang lebih maju untuk memperkuat filosofi pendidikannya. Universitas Bologna sebagai salah satu universitas yang maju dalam hal sistem pendidikan di Eropa.

5. Universitas Oxford

Universitas Oxford@ Eropa.panduanwisata.id

Urutan terakhir universitas tertua adalah Universitas Oxford. Selain dikatakan sebagai universitas tua, namun universitas ini banyak dicita-citakan banyak orang karena kualitas pendidikan yang baik. Proses belajar mengajar di universitas ini telah berlangsung sejak 1096. Kemudian, terjadi reorganisasi menjadi 13 universitas otonomi pada tahun 1970.

Sebagai universitas tertua tentu mampu menciptakan sebuah lembaga yang baik dengan pengalamanya. Nah, kalian berencana melanjutkan ke perguruan tinggi mana nih guys?


Kontributor: Ludwika Khusnaini
Editor       : Endra Kurniawan

Loading...