MALANGTODAY.NET – Besok pagi, 1000 mangrove dalam program Mangrove Based Sustainable Livelihood siap ditanam di Pantai Clungup, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dengan luas mencapai tidak kurang dari tiga hektare, penanaman ini diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekosistem laut yang lebih baik lagi.

Program Director Kehati, Dr. Teguh Triono menyebutkan, pemilihan Pantai Celungup sebagai objek untuk penanaman disebabkan Celungup menjadi salah satu destinasi wisata yang saat ini sedang digencarkan oleh pemerintah. Sehingga, dengan adanya penanaman tersebut diharapkan pantai akan menjadi lebih indah lagi.

Selain itu, lanjutnya, pemilihan juga didasarkan pada besarnya kerusakan yang dialami oleh wilayah pantai itu sendiri. “Harapannya, kualitas mangrove di Celungup itu sendiri akan mengalami peningkatan dan membantu ekosistem laut yang ada disekitarnya,” katanya.

Sementara untuk perawatannya sendiri, lanjut Teguh, program ini sudah mendapat bantuan dari Bank BRI dan juga Kementerian Keuangan Pemerintah Indonesia.

Kepala Kantor Wilayah BRI Malang, Rahmad Guntur Kristianto menambahkan, BRI dalam kesempatan tersebut memberikan bantuan CSR berupa dana tunai sebesar Rp163.750 juta kepada Yayasan Kehati, untuk kemudian dapat dikelola dalam kepentingan peningkatan pemanfaatan pohon mangrove.

“Ini memang menjadi salah satu bentuk perhatian kami terhadap lingkungan,” papar Guntur.

Menurutnya, program CSR tersebut merupakan bagian dari program BRI Peduli yang didedikasikan untuk kelestarian hidup, terutana untuk perlindungan pantai, habitat bagi satwa liar, dan pembesaran berbagai jenis ikan laut.

Dengan kerjasama ini, ia berharap agar kesadaran masyarakat terkait pentingnya mangrove akan pelestarian alam akan semakin meningkat. Sebab, masalah lingkungan menjadi tanggungjawab bersama, dan untuk kepentingan yang lebih luas. (ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda