Malangtoday.net – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Batu telah menetapkan sebanyak 146.728 Daftar Pemilih Sementara (DPS) dalam rapat pleno yang digelar hari ini. Hasil itu merupakan rekapitulasi data dari PPK di tiga kecamatan dan PPS di 24 desa, se Kota Batu.

Komisioner KPUD Batu, divisi Program dan Data, Ashar Chilmi, mengatakan setelah melakukan rapat pleno pihaknya akan mengumumkan data itu kepada masyarakat melalui PPK dan PPS.

“Keduanya (PPK dan PPS) berkewajiban mengumumkan DPS di tempat yang dapat dijangkau masyarakat untuk dapat dilihat, dicermati dan ditanggapi supaya ada masukan bilamana ada masyarakat, anggota keluarga atau siapapun yang berhak memilih tapi tidak tercantum dalam daftar pemilih sementara,” kata Ashar.

Dikatakan pula, jika masyarakat menemukan dirinya atau keluarganya tidak masuk dalam DPS, sedangkan secara konstitusional memiliki hak pilih, Ashar mengimbau segera menghubungi  PPS di masing-masing desa atau KPU Kota Batu untuk dimasukkan dalam daftar perbaikan hasil DPS.

Pasalnya, jika sampai tanggal 4 Desember 2016  warga bersangkutan belum menyampaikan identitas terutama yang berhak menggunakan hak pilih dan memenuhi syarat, dikhawatirkan tidak akan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan kehilangan hak pilihnya.

Selain itu, bagi warga yang belum memiliki E-KTP diharapkan segera melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) agar tidak kehilangan hak pilihnya.

“Termasuk bagi warga masyarakat yang belum perekaman E-KTP silahkan untuk segera menghubungi Dispendukcapil. karena kami juga mempunyai kewajiban koordinasi terkait masyarakat yang punya hak pilih tetapi tidak memiliki kartu elektronik,” pungkasnya.

Berikan tanggapan Anda