Ilustrasi orang-orang mengirim pesan.
ads

MALANGTODY.NEY – Semakin hari dunia nyata tergantikan dengan dunia online yang semakin mendominasi. Jika zaman dulu merinteraksi harus bertatap muka langsung, namun sekarang kamu bahkan bisa melakukan meeting hanya melalui ponsel dengan berbagai macam teknologi seperti aplikasi chat. Namun semakin mudahnya cara berkomunikasi nyatanya tidak memudahkan orang untuk lebih menjadi pribadi peduli. Berikut 6 tipe orang saat membalas chat yang dihimpun MALANGTODAY. Kamu atau temanmu masuk yang mana?

  1. Fast Respon

Tipe ini sangat jarang sekali ditemui akhir-akhir ini. Mereka adalah pahlawan sejati di ranah dunia pe-chatting-an. Mereka tidak akan membuatmu menunggu lama untuk mendapatkan balasan. Saat ponselnya bergetar dia akan langsung memeriksa, membuka dan membalas pesan tersebut entah penting ataupun tidak. Sebetulnya tipe orang seperti ini bukan kurang kerjaan, tapi dia tipe orang yang risih dengan banyak notifikasi. Mereka akan berusaha menuntaskan notofikasi yang ada. Gunanya adalah agar pekerjaannya yang lain bisa dikerjakan dengan tenang tanpa khawatir ada chat yang tertinggal. Mereka-mereka ini adalah tipe orang profesional yang paham pentingnya komunikasi untuk pekerjaan ataupun hubungan sosial.

 

  1. Slow Respon

Tipe ini banyak ditemui di kalangan anak-anak muda. Slow respon sebetulnya semacam sifat yang dimiliki beberapa orang. Hal itu terjadi bukan karena sengaja dilakukan tapi orang tersebut memang tidak bisa membalas secara langsung pesan yang masuk. Mereka adalah orang-orang yang gampang teralihkan fokusnya. Jadi mereka tidak bisa melakukan aktivitas lain sembari membalas pesan masuk. Biasanya mereka akan membalas semua chat yang masuk saat mereka sudah benar-benar santai, seperti saat istirahat makan siang atau saat sudah sampai di rumah.

 

  1. Sok Sibuk

Sayangnya semakin kesini semakin banyak tipe orang Sok Sibuk. Mereka yang masuk tipe ini sebetulnya tidak terlalu sibuk. Namun mereka sengaja menunda untuk membalas pesan yang masuk. Ini adalah tipe teman yang saat kamu menanti balasan mereka tak kunjung datang, di waktu yang sama kamu melihat mereka mengunggah Instastory atau status di Line atau sosial media yang lain. Saat mereka sudah memutuskan untuk membalas biasanya berprilaku seperti dia baru tahu ada pesan masuk meskipun pesan tersebut sifatnya penting.

 

  1. Read and Leave

Tipe yang satu ini adalah yang menyebalkan.  Aplikasi chatting seperti Whatsapp dan Line memiliki fitur yang membuat kita tahu seseorang telah membaca pesan kita apa tidak. Sementara tipe read and leave adalah mereka yang cepat atau lambat membuka pesan masuk. Tapi apapun itu, mereka hanya membaca pesannya, tidak membalasnya. Biasanya mereka seperti itu karena sedang marah, sudah bosan, sedang kesal, namun masih penasaran dengan pesan yang masuk. Cara satu-satunya untuk mengubah perilaku mereka adalah dengan menemuinya secara langsung dan menegurnya jika memang isi pesan yang kamu kirim bersifat penting seperti sesuatu hal yang menyangkut pekerjaan.

 

  1. Once Upon A Time

Tipe ini bisa jadi menyebalkan atau malah lucu. Mereka adalah orang-orang yang entah mengapa menjadi sangat slow respon-secara harfiah. Mereka akan membaca dan membalas pesan yang kamu kirim pada waktu lampau. Bisa pesan yang kamu kirim seminggu yang lalu, bahkan sebulan yang lalu. Mereka adalah orang yang membuatmu kaget saat mereka membalas pesanmu karena bahkan kamu sudah lupa kapan mengirim pesan padanya. Biasanya mereka ini adalah orang-orang galau yang awalnya bertingkah tidak membutuhkanmu tapi kenyataannya mereka butuh.

 

  1. It’s All About Me

Sesuai namanya mereka adalah tipe paling egois dan menyebalkan. Mereka akan menjadi sangat fast respon jika topik perbincangan menyangkut kepentingan dirinya. Seperti saat dia meminta bantuan, minta dijemput, titip makan, meminjam uang dan lain sebagainya. Namun saat topiknya bukan mengenai kepentingannya maka mereka akan menjadi slow respon bahkan tidak menganggapmu sama sekali. Mereka berpikir merekalah yang paling penting, sementara kamu tidak.

Sejatinya yang namanya pesan masuk, entah penting atau tidak jika itu datang dari orang yang kita kenal, alangkah baiknya jika dibalas dengan santun. Di zaman modern ini metode bersosialisasi sudah berpindah ke ranah online seperti chatting. Jadi jika kamu di dunia nyata sudah cuek karena teknologi, lalu kenapa kamu juga menjadi pribadi apatis di ranah teknologi yang katanya dunia barumu?