Tragedi dan Bencana Ini Sudah Diramalkan, Kebetulankah?
Ilustrasi Facebook Luncurkan Peta Bencana Bantuan Kemanusiaan @Facebook

MALANGTODAY.NET – Apa yang akan terjadi di masa mendatanga dalah rahasia tuhan yang tak seorangpun ketahui. Tapi beberapa orang ini berhasil menebak tragedi dan bencana alam dengan tepat di masa mendatang. Hm, kira-kira kebetulan saja atau memang punya kemampuan istimewa, ya? Berikut ini lima ramalan bencana yang terbukti jadi kenyataan.

1. Tenggelamnya Kapal Titanic

Tragedi tenggelamnya kapal yang digadang-gadang sebagai kapal tercanggih dan termewah pada tahun 15 April 1912 ini mengejutkan banyak pihak. Pasalnya lebih dari 1.500 orang tewas dalam tragedi di Samudera Antlantik Utara ini.

Tragedi dan Bencana Ini Sudah Diramalkan, Kebetulankah?
Kapal Titanic (Liputan6.com)

Baca Juga: Waspada Gempa, Kepala BPBD Kota Malang Berikan Trik Segitiga Kehidupan

Tragedi ini ternyata sudah diprediksi dalam sebuah novel yang ditulis oleh Morgan Robertson pada tahun 1898 atau 14 tahun sebelum tragedi itu terjadi. Dalam novel berjudul Futility atau Wreck of the Titan, Robertson menceritakan tentang tenggelamnya kapal mewah bernama Titan di pelayaran pertamanya.

Kapal Titan diceritakan tenggelam 400 mil atau sekitar 643,7 kilometer dari Newfoundland karena menabrak sebuah gunung es. Lokasi tersebut merupakan tempat ditemukannya bangkai Kapal Titanic. Tak hanya itu, Robertson juga menuliskan Kapal Titan tenggelam pada bulan April dalam novel tersebut.

Banyak orang yang kemudian mengaitkan Futility ini dengan tragedi Titanic. Tak sedikit pula orang yang menganggap penulisnya adalah seorang peramal. Namun, Robertson menyatakan bahwa kemiripan novel yang ditulisnya dengan tragedi tersebut hanyalah murni kebetulan

2. Tragedi WTC

Tragedi besar yang terjadi di Amerika pada tahun 2001 lalu ternyata sudah diprediksi jauh-jauh hari. Pada tahun 1989 seorang guru asal Brazil, Jucelino Nobrega da Luz mengirim surat kepada presiden Amerika. Melalui surat tersebut, ia memperingatkan akan penyerangan yang terjadi di World trade center pada tahun 1993 dan 2001.

Baca Juga  Stephen Hawking Prediksi Munculnya Manusia Super, Akhir Peradaban?
Tragedi dan Bencana Ini Sudah Diramalkan, Kebetulankah?
Tragedi World Trade center (Sindo News)

Baca Juga: Nggak Cuma Mahal, Ini Alasan Emak Marah Jika Tupperware Hilang

Ramalan tersebut ternyata benar-benar terjadi. Pada tahun 1993 terjadi sebuah ledakan di area parkir menara kembar tersebut. Lalu tragedi yang paling tragis terjadi pada tahun 2001. Pada tanggal 11 September 2001 sebuah aksi teror terjadi di WTC. Dua menara yang saat itu tengah dipadati manusia, ditabrak oleh sebuah pesawat. Akibatnya sekitar 3.000 orang dilaporkan tewas.

Jucelino telah memprediksi lebih dari 80 ribu kasus di seluruh dunia, termasuk di dalamnya kematian Putri Diana dan Tsunami Aceh pada tahun 2004. Ia mengaku melihat kejadian-kejadian tersebut melalui mimpi.

3. Tsunami Aceh

Jucelino juga telah memprediksi terjadinya tsunami di Indonesia. Seperti tragedi WTC, ia juga telah memperingatkan pemerintah Indonesia dengan mengirimkan surat kepada Presiden Soeharto pada tahun 1997 lalu.

Tragedi dan Bencana Ini Sudah Diramalkan, Kebetulankah?
13 tahun tsunami Aceh diperingati dengan pemasangan bendera setengah tiang dan ziarah @ Instagram.com/fahmy_sanusi

Setahun sebelumnya, ia juga mengirimkan surat peringatan pada Kedutaan Besar India yang menyatakan bahwa di tanggal 26 Desember 2004 akan terjadi gempa besar yang menyebabkan tsunami setinggi 10 meter. Dalam surat tersebut ia juga menyebutkan daerah mana saja yang sekiranyab terkena dampak, salah satunya Aceh, Indonesia.

4. Gempa Sichuan

Seorang anak Indigo asal Rusia telah memprediksi terjadinya gempa bumi hebat yang mengguncang Provinsi Sichuan, Tiongkok. Ramalan tersebut diungkapkan Boriska Kipriyanovich pada beberapa peneliti di tahn 2007.

Tragedi dan Bencana Ini Sudah Diramalkan, Kebetulankah?
gempa bumi sichuan (Progresnews)

Kepada para peneliti tersebut Boriska menyatakan bahwa tahun 2008 akan terjadi bencana di sebuah benua dan mengguncang negara terbesar yang ada di benua tersebut. Ramalan tersebut menjadi kenyataan dengan terjadinya gempa bumi yang merenggut lebih dari 60 ribu nyawa di tahun 2008.

Baca Juga: Pensiun, Bintang Film Dewasa Ini Kini Rambah Youtuber!

5. Tsunami Jepang

Baca Juga  Catat! Tindakan yang Wajib Dilakukan Sebelum, Selama, Setelah Gempa Bumi

Tak hanya memprediksi gempa bumi di Sichuan, Boriska juga memprediksi gelombang tsunami yang meluluhlantakkan Jepang pada tahun 2011 lalu. Mengutip dari IDN Times, pada Jumat (10/8), Boriska menyatakan bahwa bencana besar yang berhubungan dengan air akan kembali menerjang sebuah negara pada tahun 2011.

Tragedi dan Bencana Ini Sudah Diramalkan, Kebetulankah?
Pasukan Bela Diri Jepang di Reruntuhan pasca Gempa Jepang tahun 2011 (reuters)

Jepang diterjang gelombang tsunami dengan ketinggian 10 meter setelah diguncang gempa berkekuatan 9 skala richter. Akibat bencana tersebut 15.269orang dinyatakan tewas, 5.363 luka dan 8.526 lainnya hilang.

Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani

Loading...