Sumber foto: Istimewa
ads

MALANGTODAY.NET– Masa kanak-kanak merupakan kenangan yang tidak akan mudah untuk dilupakan. Banyak kenangan yang tidak akan bisa diulang, seperti kenangan ketika bermain bersama teman. Hal ini tentu hanya dirasakan oleh sebagian orang yang lahir dan pernah merasakan hidup di era 90an.

Di zaman teknologi seperti ini banyak perbedaan yang cukup signifikan, salah satunya adalah permainan. Zaman dulu anak-anak bermain selalu bersama-sama, namun kini dengan perkembangan teknologi permainan dirubah dalam bentuk digital yang bisa dimainkan sendiri.

Sesekali MalangTODAY akan mengajak ZensTODAY untuk bernostalgia dengan mainan lama yang saat ini sangat jarang ditemui.

Baca Juga: Biar Makin Glowing, Yuk Cobain 10 Step Skincare Korea Ini!

1. Congklak atau Dakon

Sumber foto: Istimewa

Mainan ini jelas tidak bisa dimainkan sendirian, kamu harus mencari lawan untuk memainkanya. Cara memainkanya cukup sederhana, kedua pemain memainkan dengan mengambil biji dimasukkan satu-satu ke setiap lubang menuju lubang yang paling besar dengan putaran searah jarum jam.

2. Kelereng

Sumber foto: Istimewa

Permainan yang satu ini gak kalah menarik. Hanya orang yang memiliki konsentrasi tinggi yang bisa memenangkan permainan ini. Pasalnya pemain harus menembak dari kejauhan kelereng lawan dengan kelereng pemain itu sendiri. Semakin banyak kelerang yang diperoleh menujukkan bahwa dia pemain kelereng handal. Asik juga ya !

3. Ketapel

Sumber foto: Istimewa)

Permainan tradisional yang bisa dibuat sendiri. Mainan ini muncul sebelum ada mainan tembak seperti sekarang. Proses pembuatanya dan cara memainkanya cukup sederhana, dengan mengisi kalep dengan kerikil kecil kemudian ditarik dan lepas. Eits, hati-hati ternyata permainan ini cukup berbahaya lo!

Baca Juga: Miris, Ibu Ini 2 Kali Dicekal Naik Pesawat Hanya Karena Membawa Anak Berkebutuhan Khusus

4. Lompat karet

Sumber foto: Istimewa

Prinsip permainan lompat karet hampir sama dengan permainan skipping. Bedanya tali yang digunakan bisa dibuat sendiri dari karet yang disambung hingga membentuk tali yang panjang. Permainan ini bisa dimainkan sendiri dan lebih asik dimainkan beramai-ramai.

5. Bola Bekel

Sumber foto: Istimewa

Permainan unik ini membutuhkan kecapatan tangan untuk mengambil biji yang terbuat dari kuningan. Bola bekel identik dimainkan oleh anak perempuan. Biasanya pemain duduk di lantai dengan membentuk lingkaran.

6. Layang-layang

Sumber foto: Istimewa

Mungkin sampai saat ini permainan ini masih bisa ditemui di beberapa daerah. Permainan yang sangat murah meriah ini membutuhkan angin untuk menerbangkanya. Bermain Layang-layang biasnya dilakukan di sawah kering atau dilapangan.

Baca Juga: Gak Perlu Mewah, Ini 5 Keluarga Artis yang Hidup Sederhana Meski Bergelimang Harta

7. Yoyo

Sumber foto: Istimewa

ini yoyo termasuk permainan yang sedikit mudah ditemui, namun dengan tampilan yang lebih modern yang dihiasi dengan lampu-lampu kecil.

Mungkin Inilah alasan mengapa masa kecilmu adalah masa yang paling dirindukan. Selamat bermostalgia guys !