Ilustrasi @dakwatuna
Ilustrasi @dakwatuna

MALANTODAY.NET – Bulan Ramadan menjadi bulan yang istimewa. Bulan ini membawa berkah yang sangat berlimpah. Segala bentuk kebaikan, akan dibalas dengan ganjaran yang berlipat ganda.

Menikah adalah kebaikan. Menikah merupakan penyatuan dua orang untuk saling mengerti satu sama lain; saling memahami kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sehingga keharmonisan dan keindahan dalam pernikahan, akan terpancar.

Bagaimana kalau menikah di bulan Ramadan? Disarikan dari berbagai sumber, belum ada dalil khusus yang menganjurkan menikah di bulan penuh berkah ini. Namun, juga tidak ada larangan jika ingin melangsungkan pernikahan atau akad di bulan Ramadan.

Jika ZensTODAY tertarik untuk melangsungkan pernikahan di bulan Ramadan, itu tidak menjadi soal. Artinya sah-sah saja. Meski demikian, ada hal-hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, tidak boleh diyakini bahwa menikah di bulan Ramadan memiliki keberkahan khusus daripada bulan lainnya, keculai jika ada dalil yang menyebut keutamaan tersebut.

Kedua, pasangan suami istri yang menikah di bulan Ramadan harus bisa memastikan bisa menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, misalnya berhubungan suami istri atau mengeluarkan sperma dengan sengaja. Sebab, hal tersebut merupakan perkara membatalkan puasa.

Sumber lain menyebutkan bahwa para ulama mazhab Malikiyah, Syafi’iyah, dan Hanbali menganjurkan akad nikah dilangsungkan pada bulan Syawal. Selain itu, melangsungkan akad nikah juga disunahkan pada hari Jumat, baik waktu sore harinya atau malam Jumat.

Alasannya, hari Jumat adalah hari mulia, ‘hari raya’ umat Islam, penuh keberkahan, merupakan waktu istijabah (terkabulkan doa), serta diamalkan para ulama sala, dan pernikahan dimaksudkan untuk keberkahan.

Sebab itu, tidak ada salahnya menikah pada bulan puasa. Hal terpenting adalah niat membangun rumah tangga, melaksanakan sunah Rasul, dan ada calon mempelai. Nah, Zens, terpikir menikah di akhir Ramadan nanti? Atau pada bulan Syawal dan hari Jumat? (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.