Ilustrasi @menara62
Ilustrasi @menara62

MALANGTODAY.NET – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan pengguna internet Indonesia berdasarkan beberapa kategori. Pengguna paling tinggi pada kategori pendidikan diraih oleh mereka yang pernah kuliah alias tidak tamat pendidikan perguruan tinggi.

“Ternyata yang paling tinggi adalah pernah kuliah. Nggak lulus loh, pernah kuliah itu paling tinggi. habis itu paling dia pengguna Instagram, dapat duit dari situ, jadi nggak sekolah lagi,” ucap Sekjen APKII Henri Kasyfi Soemartono, seperti dilansir dari Detikinet, pada Sabtu (18/5/2019).

Lulusan S3 juga menempati penetrasi paling tinggi di kategori ini. sementara sisanya, penetrasi yang terbilang tinggi berasal dari kalangan “sedang kuliah”, “sedang sekolah SMA”, “taman S1”, “tamat diploma”, “tamat S2”, hingga “tamat SMA”.

Selain itu, pihaknya juga mengungkap pengguna internet berdasarkan pekerjaannya. Wirausaha besar, guru, dan pedagang online shop menempati urutan teratas.

“Tentu saja pedagang online shop paling besar, kalau bukan, ya bukan pedagang online,” ungkapnya lebih lanjut.

Adapun pengguna internet yang paling rendah berasal dari golongan ibu rumah tangga, pensiunan ASN, petani lahan sendiri, buruh tani, dan petani penggarap.

APJII juga melaporkan bahwa pertumbuhan pengguna internet pada 2018. Pengguna internet bertambah menjadi 27,9 juta. Data ini didasarkan pada kenyataan bahwa dari penduduk yang mencapai 264,14 juta orang, ternyata 171,17 juta di antaranya terhubung jaringan internet.

Tidak hanya itu, APJII juga menyatakan alasan para pengguna internet tersebut. APJII menemukan masyarakat Indoensia akan menggunakan internet (yang paling) untuk kebutuhan komunikasi lewat pesan. Pada posisi kedua, malah ditempati oleh pengguna media sosial.

Kemudian dikuti dengan alasan mencari informasi terkait pekerjaan, mencari data terkait sekolah/kuliah, mengisi waktu luang, bermain game online, membaca berita di media online, sampai menonton film dan video.

Sebanyak 5.900 responden yang ditanyakan pada survei APJII ini juga mengungkapkan pengguna internet Tanah Air mengakses internet melalui operator seluler, dengan Telkomsel 43%, Indosat Ooredoo 18,1%, XL Axiata 18%, Hutchison Tri Indonesia 11,6%, Smartfren 2,6%, tidak tahu 0,5%, dan 6,2% tidak jawab. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.