Ngaku Gamer Sejati? Ini Tips Biar Kamu Direkrut Tim Gamer Profesional
Turnamen game profesional @Intel IQ

MALANGTODAY.NET – Zaman sekarang, menjadi seorang gamer bukanlah hal yang sia-sia lagi. Gamer masa kini bahkan sudah bisa dijadikan sebagai profesi. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa sekalipun tak ketinggalan untuk berlomba-lomba mencapai skill tertinggi.

Namun semua hal di atas akan menjadi sia-sia jika bakat yang dimiliki tidak sekalipun dilirik oleh tim gamer profesional. Padahal, perlu kalian ketahui bahwa tim profesional sekalipun memerlukan anggota-anggota baru dengan skill tinggi untuk dapat berkompetisi secara legal.

Baca Juga: Ini Loh “Secreto”, Situs Ngetrend Buat Ajang Bertanya Para Secret Admirer

Penasaran bagaimana peluang agar dapat direkrut oleh tim gamer profesional? Inilah tipsnya!

Kuasai Satu Game
Kuasai Satu Game
Ilustrasi @Kickstarter

Jika kamu ingin dilirik oleh tim profesional, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kuasai lebih dulu satu game yang menurut kamu bisa kamu kuasai dengan baik. Karena untuk menjadi profesional memerlukan waktu yang lama, maka perlu untuk fokus pada satu hal terlebih dulu.

Nyatanya sekarang banyak yang mengaku gamer hanya sekedar ikut-ikutan trend yang nge-hype pada waktu tertentu saja. Atau karena belum kunjung mampu menguasai satu game karena sering kalah, kemudian pindah ke game yang lain. Ini nih yang sering bikin aktivitas game mu sia-sia.

Makanya itu, sarannya adalah perdalam lebih banyak aspek-aspek yanga ada dalam game yang lagi kamu mainkan. Kenali karakternya, item-nya, hingga situasi-situasi tertentu yang mungkin kamu hadapi. Selain itu juga pelajari keunggulan dan kelemahan lawanmu di game. Dengan cara ini, dijamin menjadi gamer profesional bukanlah hal yang mustahil.

Masuk Ladderboard / Rank
Masuk Ladderboard / Rank
Ilustrasi Rank @Reddit

Poin ini sebenarnya bukan hal yang wajib. Namun hal ini berguna untuk mendongkrak popularitasmu di dunia game itu. Ketika popularitasmu meningkat, maka visitor mu pun akan meningkat. Hal ini memungkinkan bagi pencari bakat dari tim profesional akan datang dan menawarkan kamu buat masuk tim mereka jika dirasa cocok.

Butuh usaha dan modal yang besar untuk bisa menempati posisi teratas. Namun percayalah bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil.

Baca Juga: Kamu Masih Bisa Berkarya Lho! Ini 4 Aplikasi yang Mirip Tik Tok

Bermain Sambil Recording
Bermain Sambil Recording
Ilustrasi @Berklee

Untuk yang satu ini lagi menjamur di tengah-tengah khalayak muda-mudi masa kini. Waktu kamu lagi main, buatlah video game play semenarik mungkin. Kemudian jangan lupa upload di YouTube. Atau mungkin kamu perlu buat video live streaming di beberapa website guna meningkatkan popularitas mu itu.

Untuk pertama kali melakukannya, tentu belum banyak yang akan menonton video kamu. Namun jangan khawatir, sebab banyak cara seperti kamu harus mempromosikan link video yang kamu buat ke beberapa teman kamu, di akun social media kamu, dan website-website lain yang memungkinkan buat kamu. Tapi selain itu perlu juga untuk konsisten agar nanti penikmatmu tidak akan ketinggalan dengan video-video yang kamu tampilkan.

Mulai dari Turnamen Kecil
Mulai dari turnamen kecil
Turnamen game @Smart Launcher

Mulailah ajak teman-teman sepergaming-an kamu untuk buat tim kecil-kecilan. Kemudian aktiflah mengikuti turnamen-turnamen kecil yang diadakan di kotamu. Biasanya beberapa warnet kenamaan akan mengadakan event secara berkala. Jangan Cuma sekali, lakukan itu terus menerus sampai ke jenjang yang lebih tinggi.

Di turnamen yang lebih besar nanti kamu bakal disaksikan oleh banyak orang. Tak hanya itu, kemampuanmu akan dipublikasikan secara eksplisit. Itulah saat kamu bisa merintis karir sebagai gamer profesional karena pada turnamen seperti itu biasanya pemandu bakat akan hadir mencari bibit-bibit yang butuh disemai.

Baca Juga: Kamera Ganda di Smartphone? Biasa! Smartphone Ini Punya 16 Kamera Sekaligus

Cari Tim yang Open Recruitment
Cari tim yang Open Recruitment
Rim gamer profesional @Polygon

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan untuk jadi gamer profesional adalah dengan mencari info seputar perekrutan anggota baru oleh tim game profesional.

Biasanya yang disyaratkan adalah skill tinggi, pengalaman, level permainan, dan tentunya bakal diseleksi lebih dulu.

Nah itu tadi sobat Gamer. Kalau kamu sudah melakukan tips-tips di atas, bukan tidak mungkin peluangmu menjadi gamer profesional semakin tampak.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar