MALANGTODAY.NET – Komputer atau PC sudah menjadi barang kebutuhan sehari-hari. Sebagian orang menganggap harganya masih lumayan merogoh kocek. Namun, ada alternatif jika ingin memiliki PC dengan harga miring. Caranya yaitu dengan membuat sendiri komputer atau PC rakitan.

Biaya yang dikeluarkan untuk sebuah PC rakitan akan lebih rendah dibandingkan PC pabrikan. Supaya lebih hemat lagi, perakit harus paham betul mengenai kegunaan PC yang akan dirakit. Dengan begitu, spesifikasi harga komponennya akan mengikuti.

Baca Juga  Widih, WhatsApp Hadir Dengan Fitur Anyar Loh

Salah satu komponen penting dari PC adalah RAM komputer. Untuk mendapatkan harga murah, perakit harus paham akan kebutuhan RAM. Jika hanya digunakan untuk mengetik ringan, RAM bisa dibeli dengan harga murah. Tak lupa, sebelum membeli pastikan penjual memiliki kredibilitas bagus.

Kemudian jika ingin merakit PC untuk kegunaan mengetik dan multimedia ringan, pilih saja prosesor bekas seperti Core i3 generasi 2. Bisa juga memilih prosesor Intel Core 2 Duo yang tingkatnya lebih dibawah Core i3 dan tentu harga lebih murah.

Perlu diingat juga, masing-masing prosesor memiliki kekuatan berbeda. Misalkan memilih prosesor Intel Core 2 Duo maka sistem operasi yang dijalankan juga harus sesuai contohnya Lubuntu.

Mudahnya, prosesor adalah otak komputer. Jika ingin pengoperasian komputer yang cepat maka prosesor yang digunakan harus berspesifikasi tinggi.

Selesai di RAM, selanjutnya memilih motherboard. Motherboard fungsinya sebagai tempat komponen-komponen PC seperti prosesor, RAM, kartu grafis, dan media penyimpanan data berupa SSD atau HDD.

Memilih motherboard juga harus sesuai dengan slot prosesor yang digunakan. Misalnya prosesor Intel Core 2 Duo menggunakan slot LGA775 dan dukungan RAM komputer tipe DDR3.

Kemudian untuk penyimpanan data jika ingin murah bisa memilih HDD. Sedangkan jika ingin akses data lebih cepat menggunakan SSD. Berbeda lagi jika sering digunakan multitasking, setidaknya harus menyiapkan RAM berkapasitas minimal 2 GB.

Kalau ingin PC rakitan murah tetapi dengan komponen baru, bisa memilih prosesor Intel Pentium G terbaru. Prosesor ini biasa dikenal dengan prosesor AMD A Series.

Prosesor ini sudah didukung dengan RAM DDR4. Walaupun harganya lebih mahal dari DDR3 tapi memiliki performa akses data lebih cepat.

Untuk kebutuhan visual ringan seperti edit video ringan, menonton video dengan resolusi HD 1280×720, game Counter Strike, prosesor ini cukup bisa diandalkan.

Berbeda lagi jika PC rakitan akan digunakan untuk kebutuhan yang lebih tinggi. Misalnya untuk game dan edit gambar maupun video professional.

Baca Juga  Snapchat Siap Luncurkan Kacamata Perekam Video

Spesifikasi yang dibutuhkan harus lebih tinggi. Otomatis kocek yang harus dirogoh untuk membeli prosesor, RAM, dan VGA card juga lebih dalam.

Prosesor yang disarankan untuk kebutuhan seperti ini yaitu minimal Intel Core i5 atau MAD Ryzen 5. RAM minimalnya adalah 8 GB dan perlu tambahan VGA card.

Terakhir tinggal memenuhi kebutuhan pendukung PC antara lain casing, monitor, keyboard, dan mouse. Untuk kebutuhan dasar mengetik dan browsing, cukup cari aksesoris yang murah. Lain lagi jika PC didesain untuk kebutuhan game, aksesoris seperti mouse yang dipilih harus mouse yang khusus untuk game dengan harga lebih tinggi.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.