Tinggal di Mars Bukan Lagi Mimpi, Intip Fakta-fakta Menariknya!
Planet Mars @Ninja Journalist

MALANGTODAY.NET – Beberapa tahun belakangan, keadaan Bumi yang makintak terkendali membuat kalangan ilmuwan tengah mengkaji kemungkinan untuk pindah planet. Salah satu planet yang memungkinkan untuk ditinggali adalah Mars.

Planet ini beberapa kali digadang-gadang sebagai solusi dari Bumi yang semakin tak baik untuk ditempati. Mars yang terletak di urutan ke-4 tata surya ini diklaim memiliki potensi menunjang kehidupan yang sama seperti Bumi.

Baca Juga: Catat! Ada di Jarak Terdekat Dengan Bumi, Mars Akan Terlihat di Langit

Kepala Ilmuwan NASA, Jim Green, baru-baru ini mengonfirmasi kemungkinan manusia untuk tinggal di planet merah ini. Berikut fakta-faktanya.

Mars Layak Dihuni
Mars Layak Dihuni
Dataran Mars @Futurism

Dibandingkan planet-planet lain di tata surya, Mars merupakan planet yang paling menyerupai bumi. Mekipun tak benar-benar mirip, namun Mars diklaim memungkinkan untuk dihuni manusia.

Pemandangan Indah
Pemandangan Indah
View indah di Mars @Phys

Jika kamu berpikir Mars hanya berisi padang dengan batuan tandus, itu salah! Sebab Mars juga memiliki ngarai serupa Grand Canyon dan gunung berapi yang besar. Akan menjadi kesempatan luar biasa bagi manusia untuk menikmati pemandangan eksotis di planet Mars.

Perlu Presisi yang Tepat untuk Pendaratan
Perlu Presisi yang Tepat untuk Pendaratan
Perlu presisi tepat untuk mendaratkan kendaraan @The Verge

NASA baru saja mendaratkan kendaraan sebesar satu ton di permukaan Mars. Jika ingin mendaratkan manusia, perlu landasan yang mampu memuat minimal sepuluh ton kendaraan mengingat permukaannya kebanyakan berupa gunung, buit, dan bebatuan.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Alyssa Carson, Manusia Pertama yang Akan Tinggal di Mars

Baru Terlaksana 2020
Baru Terlaksana 2020
Sayang baru bsa dilakukan tahun 2020 @Lockheed Martin Corporation

Namun perjalanan inibaru bisa dilakukan pada 2020. Hal ini karena yang menjadi pertimbangan bukan hanya perjalanan satu arah, namun juga perjalanan kembali yang memerlukan perencanaan yang matang.

Harus Gunakan Pakaian Astronot
Harus Gunakan Pakaian Astronot
Wajib hukumnya pakai baju astronot @Syfy

Karena cuacanya sangat ekstrem, mengenakan pakaian ala astronot adalah satu-satunya pilihan. Perbedaan antara Senin dan Selasa bisa mencapai 170 derajat, sementara suhu rata-rata di bawah nol. Belum lagi ditambah dominasi karbon dioksida yang berdampak buruk bagi manusia.

Baca Juga  Begini Cara 'Undang' Alien ke Bumi

Baca Juga: Bocor, Harga Tiket Wisata Luar Angkasa Ternyata Cuma 200 Ribu!

Debu Setiap 26 Bulan
Debu Setiap 26 Bulan
Badai debu setiap 26 bulan sekali @Art Station

Musim panas di planet ini akan sangat mencekam. Hal ini dikarenakan badai debu dahsyat stiap 26 bulan sekali yang dapat menggelapkan siang hingga senja.

Kemampuan Membangun Peradaban
Kemampuan Membangun Peradaban
Kemampuan membangun peradaban diperlukan di Mars @Deviantart

Barang siapa yang ingin tinggal di sana, wajib untuk memiliki kemampuan untuk membangun peradaban. Salah satunya menguasai keahlian bercocok tanam.


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar

Loading...