Coba Tebak, Gimana Cara Astronot Menjalankan Ibadah Puasa dan Shalat di Luar Angkasa
aktivitas astronot di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) @NASA

MALANGTODAY.NET – Suka cita Natal selalu dirasakan oleh siapapun yang merayakannya, tak terkecuali bagi mereka yang kini sedang berada di luar angkasa. Para astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) juga merasakan meriahnya perayaan Natal.

Hal ini diketahui dari unggahan akun twitter pribadi salah satu astronot Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Anne McClain. Astronot perempuan ini mengunggah foto penampakan bumi dari stasiun luar angkasa tempatnya tinggal.

Baca Juga  Wanita Indonesia Pertama dalam Bidangnya, dari Wali Kota hingga Astronot

“Pada musim liburan ini, saya sering melihat ‘rumah’. Kita semua bersama-sama di planet menakjubkan yang indah ini – itu benar-benar dunia kecil. Dan ketika aku menyaksikan bulan terbenam dicakrawala hari ini, sekali lagi aku mendapati diriku tanpa kata-kata,” tulisnya dalam unggahannya tersebut, dikutip dari Kompas.com, pada Kamis (27/12/2018).

McClain tak merayakan liburan natal seorang diri. Ia ditemani dua astronot lain yang saat itu juga tengah berjaga di ISS, David Sant-Jacques dari Kanada dan Oleg Kononeko dari Rusia.

Juru bicara NASA, Dan Huot menyatakan bahwa selama liburan ini mereka bisa makan dan berolahraga dengan tenang. Namun mereka tetap melakukan beberapa tugas ringan selama musim liburan tersebut.

“Satu-satunya tugas pada jadwal mereka pada hari Natal selain makan dan berolahraga adalah mengambil beberapa sampel darah dan air liur untuk studi penelitian manusia,” ungkap Dan Huot, mengutip Space.com dari Kompas.com.

Baca Juga  Ogah Natalan, 4 Negara Ini Tidak Rayakan Natal 25 Desember

Meski berada di luar angkasa, ketiganya mendapat kirman makanan dari Bumi seperti kalkun asap, manisan ubi, jagung, kacang hijau, mac and cheese, dan kentang. Tak hanya itu, mereka juga mendapat kado dari keluarga masing-masing yang ada di Bumi.

Sayangnya, para astronot ini tak bisa menikmati suka cita Natal dalam waktu yang lama. Pasalnya mereka harus kembali bertugas keesokan harinya. Mereka juga tak memiliki jatah libur di Tahun Baru nanti.


Penulis : Kistin S
Editor : Kistin S

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.