Ilustrasi internet di semua lini kehidupan @today.line
Ilustrasi internet di semua lini kehidupan @today.line

MALANGTODAY.NET – Kalau kalian masih mengeluh soal kecepatan internet di Indonesia, keluhan itu akan terbayar tahun ini. Pasalnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, menargetkan Indonesia merdeka sinyal internet pada perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-74 mendatang.

Ambisi ini dia sampaikan dalam Forum Empat Tahun Indonesia Kreatif di Jakarta, Jumat (29/3/2019) lalu. Dia mengatakan Indonesia sudah merdeka dari penjajahan selama 74 tahun, namun perkara sinyal masih belum sama sekali.

“Nanti pertengahan tahun 2019 ini, kita merdeka dengan internet kecepatan tinggi,” ucapnya seperti dilansir dari Detiknews, Minggu (31/3/2019).

Rudiantara menegaskan bahwa Indonesia akan merdeka sinyal dan 514 kabupaten pemerintah kota maupun kabupaten di seluruh RI akan merasakan layanan telekomunikasi. Optimisnya ini didasari atas keberadaan proyek pembangunan tulang punggung serat optik Palapa Ring.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara di sebuah acara @kominfo

Sebagai informasi, Palapa Ring yang terbagi menjadi beberapa segmen, baru paket barat dan paket tengah yang sudah beroperasi. Sementara paket timur, yang mencakup wilayah Maluku hingga Papua ditargetkan rampung pertengahan tahun ini.

Jaringan ini yang akan menghubungkan 214 ribu sekolah, baik tingkat SD, SMP, sampai SMA/SMK, termasuk pesantren dan madrasah, serta beberapa sektor lainnya.

“Kita harus hubungkan semua, bagaimana menghubungkan sekolah di pojok sana? (daerah terpencil); kita pasang internet menggunakan satelit. Jadi, kita harus punya satelit sendiri untuk menghubungkan semua sekolah, puskesmas, kantor desa, koramil, polsek, dan lain sebagainya,” pungkasnya. Wah, no lemot-lemot club nih ya. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.