Smartphone-mu Lemot? Ini 3 Cara Mudah Mengatasinya
Ilustrasi smartphone @Androbuntu

MALANGTODAY.NET – Kebutuhan terhadap smartphone tak dipungkiri lagi telah menjadi kebutuhan primer. Persoalan kinerja perangkat ini yang lambat lemot tentunya akan menjadi masalah tersendiri bagi para penggunanya. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Dilansir dari Liputan6.com, Rabu (26/12/2018) masalah smartphone lemot biasanya disebabkan karena kapasitas Random-Access Memory makin sempit. Hal ini karena data yang disimpan dari aplikasi yang masih aktif.

Baca Juga  Bosan Smartphone, Ponsel Kartu ATM Ini Bisa Jadi PIlihanmu

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut 3 tips mudah buat ZensTODAY yang sudah tak tahan dengan smartphone-nya yang lemot.

Matikan Widget dan Live Wallpaper

Personalisasi dengan menggunakan widget dan live wallpaper mungkin menyenangkan bagi sebagian besar pengguna karena memiliki tampilan yang lebih personal. Namun perlu diketahui, cara ini justru membuat smartphone menjadi lemot. Sarannya, nonaktifkan fitur tersebut untuk RAM yang lebih optimal.

Hilangkan Aplikasi

Aplikasi terkadang memakan kapasitas cukup besar di RAM. Meski tak digunakan, namun aplikasi ini tetap aktif karena terus berjalan di background. Maka dari itu, ZensTODAY bisa nonaktifkan aplikasi yang sekiranya jarang digunakan. Jika tidak pernah digunakan sama sekali, alangkah baiknya di-uninstall saja.

Baca Juga  Siapa Mau Melahirkan Bayi di Luar Angkasa? Daftar yuk!
Hilangkan Animasi

Tampilan animasi di smartphone mungkin menjadi hal yang cukup menyenangkan. Namun perlu dicatat bahwa animasi justru memakan banyak memori RAM. Cara menghilangkannya, mausk menu Developer Options dan mematikan beberapa fitur animasi. Di antaranya adalah Windows Animation Scale, Transition Animation Scale, dan Animation Duration Scale.


Penulis: Hafidh
Editor: Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.