Smartphone Besutan Anak Bangsa, Gak Kalah Canggih
Tumpukan smartphone © blackxperience

MALANGTODAY.NET – Survei APJII terkait ekosistem Device, Network, dan Apps pada akhir 2016 lalu menunjukkan, 97 persen smartphone yang digunakan di Indonesia merupakan produk luar negeri. Tapi beberapa tahun kedepan, Indonesia optimis, angka tersebut akan luntur. Sebab, pemerintah kini tengah menciptakan smartphone asli bikinan anak bangsa yang rencananya dalam waktu dekat bakal diproduksi secara massal.

Dilansir MalangTODAY.net dari Liputan6, smartphone itu telah dikembangkan para peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui skema pendanaan inovasi perguruan tinggi di industri Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Tahun lalu, Kemristekdikti memberikan pendanaan kepada ITB untuk mengembangkan dan menghilirisasi produk smartphone 4G.

Smartphone besutan anak bangsa ini nggak kalah canggih loh dari ponsel pintar asing. Berbagai fitur yang disuguhkan terbilang lengkap. Mulai dari pengiriman pesan singkat, browsing, VoIP call atau panggilan melalui internet, hingga streaming di layanan berbagi video.

Menariknya lagi, keluaran ini ternyata sudah mendapat sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 20,2 persen pada akhir 2016.

Menristekdikti Mohamad Nasir pun mengaku sangat bangga dengan produk hasil karya peneliti Indonesia yang bakal segera diproduksi.

Produksi massal smartphone ini kabarnya akan diadopsi dan dilanjutkan oleh Koperasi Digital Indonesia Mandiri (Digital Coop), yang bekerja sama antara ITB, PT Jalawave Integra, PT VS Technology Indonesia, dan PT TSM. Sementara pemerintah sendiri telah memberikan dukungan dengan penerapan aturan TKDN smartphone berjaringan 4G LTE sebesar 30 persen per 1 Januari 2017.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here