Selamatkan Bumi dari Asteroid, NASA Tubrukkan Pesawat Antariksa
Ilustrasi tabrakan asteroid (Detik)

MALANGTODAY.NET – Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) berencana menabrakan pesawat antariksa ke asteroid. Hal ini merupakan sebuah uji coba pertahanan Bumi dari serangan asteroid.

“Proyek ini sangat berbeda dengan banyak misi yang fokus untuk mempelajari tata surya. Pertahanan planet benar-benar tentang tata surya saat ini dan apa yang akan kita lakukan di masa sekarang,” ujar ilmuwan di Universitas John Hopkins, Nancy Chabot, seperti dikutip Space, melalui CNN Indonesia pada Rabu (9/1/2019).

Baca Juga  5 Penemuan Sains Teknologi Baru yang Diluar Jangkauan Manusia

Proyek uji coba yang diberi nama Double Asteroid Redirection Test (DART) ini akan menabrakkan pesawat antariksa berkecepatan 6 kilometer perdetik ke asteroid. Pesawat tersebut rencananya akan dilucurkan pada Juni 2021 mendatang, dan akan menabrak asteroid uji coba pada 2022.

Pertahanan Bumi ini diperlukan untuk mengantispasi malapetaka bagi umat manusia akibat tubrukan asteroid. Pasalnya masih ada kemungkinan asteroid menabrak Bumi di masa mendatang. Tabrakan dengan asteroid berukuran besar tentu dapat menimbulkan kepunahan masal.

Menurut Chabot uji coba tersebut dilakukan karena pertahanan Bumi terhadap serangan asteroid tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Sehingga persiapan harus dilakukan sedari dini untuk mengantisipasinya.

Baca Juga  Wow, Rusia Klaim Berhasil Ciptakan Terminator Untuk Misi Berbahaya!

Mengutip BGR, yang dilansir CNN Indonesia, asteroid Didymos yang akan dijadikan percobaan ini sebenarnya tidak memiliki ancaman serius untuk Bumi. Dalam uji coba terebut NASA hanya ingin melihat apakah tubrukan tersebut dapat berhasil mengubah arah batuan angkasa tersebut.

“Ini menarik, karena ini adalah misi luar angkasa, tetapi teleskop adalah bagian penting dari misi yang berhasil. Kita harus tahu apakah asteroid bisa terpengaruh akibat defleksi maksimum ini,” ujar Chabot.


Penulis : Kistin S
Editor : Kistin S

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.