Petir Sprite Merah (Astro Bob)
Petir Sprite Merah (Astro Bob)

MALANGTODAY.NET – Fenomena petir sprite merah adalah suatu fenomena yang jarang terjadi. Pada umumnya, petir memang muncul saat hujan maupun badai berlangsung. Begitu pula dengan kemunculan petir sprite merah ini, petir ini muncul ketika badai sangat aktif terjadi.

Petir ini, sebenarnya tidak ada hubungannya dengan sinyal UFO dari alien untuk penduduk Bumi. Petir ini murni karena hantaran listrik yang ditimbulkan oleh muatan-muatan yang ada di awan.

Sebagai petir yang cukup langka untuk ditemukan, ternyata arus listrik yang dihantarkannya 10 kali lebih tinggi daripada kilat biasa. Meski demikian, petir ini dinyatakan tidak terlalu berbahaya karena terjadi di ketinggian sekitar 45 mil di atmosfer Bumi bagian tengah.

Selain itu, petir ini juga sulit ditangkap oleh mata telanjang bahkan kamera sekalipun. Sebab, waktu terjadinya sangat singkat dan cahayanya cukup redup.

Meski demikian, fenomena yang pertama kali tertangkap pada tahun 1989 ini sempat diabadikan oleh wahana antariksa NASA yaitu International Space Station (ISS).

Tidak hanya tangkapan dari luar angkasa, seorang astrofotografer di Auckland, Selandia Baru, Rae pada Juni 2018 lalu juga sempat mengabadikannya. Saat itu, ia mengaku tidak sengaja bisa mendapatkan petir sprite merah.

Kala itu, ia menduga hal tersebut hanyalah kilatan lensa. Namun, setelah itu ia mendengar suara layaknya petir pada umumnya. Akhirnya Rae mendiskusikan hal ini dengan teman-teman astronomnya dan mendapat konfirmasi bahwa yang ditangkapnya adalah petir sprite merah.

“Saya melakukan banyak astrofotografi dan saya menangkap banyak hal menarik, tetapi sejauh ini ini adalah hal paling gila yang saya tangkap di kamera,” ujar Rae dilansir dari Stuff.co.nz (17/6/2018). (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.