Peringkat Facebook Indonesia Anjlok di Rank ALexa

MALANGTODAY.NET – Ada yang mengejutkan dari Facebook Indonesia. Peringkat trafik media sosial itu terpaksa harus terjun bebas di Alexa, sebuah perusahaan yang selama ini menjadi rujukan masyarakat dalam menilai peringkat website terkemuka baik secara global maupun regional. Dalam rank Alexa, Facebook Indonesia terpaksa harus terlempar ke posisi 12 di bawah Kaskus dan Bukalapak. Fakta ini cukup mencengangkan sebab awalnya Facebook menduduki urutan ke 4, namun belakangan peringaktnya merosot drastis.

Fakta merosotnya rank facebook di Alexa sendiri menjadi viral di berbagai forum netizen. di Kaskus judul “Kenapa Peringkat Trafik Facebook di Indonesia Terjun Bebas? juga ramai diperbincangkan publik. beberapa netizen mengajukan analisa jika peringkat Facebook turun di rank Alexa karena dianggap tidak mampu memfilter konten yang ada.  Berita hoax yang dominan ditambah dengan banyaknya status yang bernadakan ujaran kebencian serta dianggap banyak menimbulkan aura permusuhan menjadi alasan utama kenapa Facebook Indonesi dianggap penggunanya kian menyebalkan.

Fenomena seperti itu juga terjadi di Amerika, dimana Mark Zuckhenberg oleh para analis dianggap gagal melakukan filter atas status bernada ujaran kebencian yang menyeruak kala Pilpres Amerika beberapa saat lalu. Namun, pendiri Facebook berdalih, jika apa algoritme yang dilakukan sudah maksimal, sehingga pihaknya tidak bisa disalhakn jika ada konten tersebut di wall Facebook.

 

Loading...