Internet Tidak Nyaman, Pencipta www: Segala Macam Hal Telah Menjadi Salah!
Pencipta World Wide Web (www), Tim Berners-Lee @Academy of Achievement

MALANGTODAY.NET – Belakangan ini, internet telah berkembang pesat menjadi pusat dari segala informasi. Namun sayangnya, ia juga rentan akan penyalahgunaan. Khususnya terkait hal-hal yang bersifat privasi.

Mengenai hal tersebut, pencipta World Wide Web atau yang kita kenal sebagai www, Tim Berners-Lee, baru saja meluncurkan kampanye global untuk melindungi internet dari penyalahgunaan. Menurutnya, internet kini berkembang menjadi tempat yang tidak nyaman karena kebebasan yang tak dilindungi.

Baca Juga: Punya 5 Kamera, Smartphone Nokia Terbaru Bocor ke Publik!

“Dalam 15 tahun pertama, banyak yang memperkirakan web untuk melakukan banyak hal hebat. Apa yang salah? Segala macam hal telah menjadi salah. Kita memiliki berita palsu, kita memiliki masalah dengan privasi, kita memiliki masalah dengan penyalahgunaan data pribadi, orang-orang diprofilkan sehingga bisa dimanipulasi oleh iklan,” terang Berners-Lee dilansir dari DetikInet, Jumat (9/11/2018).

Atas dasar itu, Berner-Lee mendorong pihak-pihak terkait seperti pemerintah, perusahaan teknologi, dan pengguna internet untuk menandatangani nota kesepakatan bertajuk Contract for the Web yang tujuannya untuk melindungi hak dan kebebasan orang-orang di internet. Kontrak ini rencananya akan diterbitkan saat  50 persen populasi dunia sudah terhubung dengan internet yang diperkirakan pada Maret 2019.

Baca Juga: Makin Ramai, 5 Fitur Baru Ini Jadi Bukti WhatsApp Makin Beringas

Kontrak ini akan berkaitan tentang usaha pemerintah untuk membuat seluruh rakyatnya terhubung dengan internet dan dihormati privasinya. Perusahaan teknologi juga dituntut untuk memastikan web dapat diakses untuk semua orang dan aman digunakan penggunanya. Pengguna sendiri juga diminta untuk membuat konten yang relevan, membuat komunitas yang menghormati tatanan sipil, dan memperjuangkan web yang terbuka bagi semua orang.

Tim Berners-Lee merupakan penemu www yang kerap kita temui saat akan berselancar di dunia maya. Kode www adalah protokol dan algoritma penting yang memungkinkan web terus berkembang. Atas jasanya, ia diberi gelar ksatria oleh Ratu Elizabeth di tahun 2004.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...