Musim Dingin Ekstrim, Tsunami Es Terjang AS
Ilustrasi (CNNIndonesia)

MALANGTODAY.NET – Tsunami es menerjang wilayah pesisir New York, Amerika Serikat. Fenomena ini sangat ramai dipebincangkan warga setempat. Gundukan setinggi gelombang tsunami diketahui terbentuk di sejumlah bibir pantai, sungai, dan danau di sekitar New York.

Fenomena ini dapat dijumpai di tepian danau Ontario di sebalh utara New York, hingga Sungai Niagara Park Way yang ada di perbatasan AS dan Kanada.

Mengutip CNNIndonesia.com, pada Selasa (26/2/2019) tsunami es ini muncul karena hembusan angin yang sangat kencang memebawa partikel es yang terdapat di permukaan air laut, sungai dan danau ke tepian. Hal ini diperkirakan berkaitan erat dengan musim dingin ektrim yang melanda sejumlah negara.

Kondisi dari fenomena tersebut dapat dilihat dari salah satu cuitan @NiagParks Police. Dalam unggahan tersebut terlihat partikel es tersebut menumpuk dan menggunung di tepian sungai dengan ketinggian 7 sampai 9 meter.

Ternyata fenomena tersebut bukanlah yang pertama kali terjadi. Sebelumnya, pada tahun 1882 kejadian serupa juga pernah terjadi.

“Angin kencang menghantam es di atas dinding penahan sungai Niagara. Warga dihimbau untuk hati-hati,” ujar pihak kepolisian daerah Ontario, mengutip Fox News, yang dilansir dari CNNINdonesia.com.

Berdasarkan laporan Natinal Geographic, hembusan angin dengan kecepatan mencapai 60 mil per jam terjadi di sekitar danau Erie. Angin kencang tersebut menghantam sejumlah gardu listrik. Gumpalan es dilapurkan juga membentang di sepanjang jalan dan rumah-rumah warga. (KIS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.