Ilustrasi @finroll
Ilustrasi @finroll

MALANGTODAY.NET – Kewajiban yang harus dilakukan umat muslim sebelum puasa berakhir adalah membayar zakat. Namun, era sekarang, membayar zakat jauh lebih mudah. ZensTODAY tinggal menge-klik aplikasi di gawai (handphone/smartphone) dan melakukan pembayaran zakat.

Hal ini dilakukan oleh sejumlah perusahaan rintisan dengan membuat sebuah aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk membayar zakat. Kini, masyarakat tak perlu lagi datang ke masjid untuk menunaikan niatnya itu.

Zens juga tidak perlu khawatir terkait penyelewengan zakat. Pasalnya, perusahaan-perusahaan ini sudah bekerja sama dengan sejumlah badan atau lembaga perzakatan sebagai penyalurnya. Hm, inspiratif, bukan?

Untuk itu, seperti dilansir dari CNNIndonesia, berikut 4 aplikasi yang bisa Zens gunakan untuk membayar zakat.

DANA

Fitur terbaru dari DANA adalah Zakat dan Donasi. Fitur ini merupakan hasil kerja sama antara DANA dengan Yayasan Dompet Dhuafa untuk menghadirkan layanan bersakat dan berdonasi secara digital.

Selain menyediakan layanan berzakat dan berdonasi secara digital melalui aplikasi dompet digital, masyarakat juga dapat melakukan zakat dan donasi melalui kode QR yang dapat dipindai menggunakan teknologi pemindaian yang ada di aplikasi dompet digital DANA.

Kitabisa

Zakat yang dibayarkan melalui aplikasi Kitabisa akan disalurkan ke sejumlah mitra kerja, seperti Badan AMil Zakat Nasional (BAZNAS), Dompet Dhuafa, Global Zakat-Aksi Cepat Tanggap, LAZIS-NU CARE, dan Rumah Zakat.

Bagi pengguna yang sudah memiliki akun Kitabisa, terdapat menu bertuliskan ‘Tap Zakat’ lalu pilih lembaga mitra zakat Kitabisa, klik Zakat langsung.

Misal pilih mitra zakat BAZNAZ, klik Tunaikan Zakat lalu isi nominal zakat yang akan dibayarkan dan pilih metode pembayaran.

Amalin

Aplikasi ini juga menawarkan fitur zakat. Bahkan, ada beragam zakat lain yang ditawarkan seperti zakat pertambangan, zakat emas, zakat perdagangan, zakat pertanian atau perkebunan, zakit harta, dan zakat profesi.

Melalui Amalin, zakat yang dibayarkan pengguna akan disalurkan ke sejumlah organisasi pemberdayaan masyarakat, pelayanan untuk dhuafa, dakwah dan advokasi zakat.

Sebelum melakukan pembayaran zakat, pengguna dapat menghitung nominal zakat terlebih dahulu menggunakan Kalkulator Zakat. Setelah itu, pengguna dapat langsung membayar zakat dan pilih metode pembayaran.

Tokopedia Zakat

Tokopedia terkenal sebagai lapak daring (online) yang besar. Di sana menjual beragam kebutuhan masyarakat. Namun, di balik itu, Tokopedia juga menyediakan layanan zakat yang ada di aplikasinya.

Sama halnya dengan Kitabisa, Tokopedia juga bekerja sama dengan sejumlah badan zakat seperti BAZNAZ, Dompet Dhuafa, LAZISNU-NU CARE dan Rumah Zakat.

Pengguna yang ingin membayar zakat, klik Zakat lalu masukkan jumlah zakat, klik Selanjutnya dan masukkan nomor NPWP, klik Bayar Zakat.

Bagaimana tertarik berzakat secara digital? (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.