Fenomena Bluemoon 31 Januari 2018 @ MalangTODAY
Fenomena Bluemoon 31 Januari 2018 @ MalangTODAY

MALANGTODAY.NET Bluemoon sempat terjadi di Indonesia pada tanggal 31 Januari 2018 pukul 20.29 WIB. Fenomena tersebut terasa spesial lantaran terjadi bersamaan dengan Supermoon dan gerhana bulan total. Hal itu menjadi yang pertama sejak 150 tahun silam atau lebih tepatnya 31 Maret 1866.

Seperti halnya fenomena langka yang lain, Bluemoon juga seringkali dikaitkan dengan hal-hal mistis. Melansir dari LiveScience manusia bahkan bisa lebih sensitif terhadap kemunculan hal-hal tidak lazim di sekitar mereka termasuk peristiwa langka seperti Blue Moon.

Berangkat dari hal itu ilmuwan pun mulai mengungkapkan kebenaran akan mitos-mitos tersebut. Lantas apa saja mitos-mitos terkait fenomena pada bulan tersebut? betikut rangkumannya dari MalangTODAY.

Baca Juga  Bukannya Asah Otak, 4 TTS Cak Lontong Ini Malah Bikin Tobat Nasuha!

1. Membuat manusia menjadi gila

Menurut Moonphase, salah satu mitos seputar bulan purnama yang paling banyak dipercaya orang adalah peningkatan jumlah orang gila dan kunjungan rumah sakit di malam itu.

Sayangnya, hal itu sekali lagi terbantahkan karena berdasarkan hasil dua penelitian di jurnal Psychiatric Services (2005) dan American Journal of Emergency Medicine (1996), tidak ada perbedaan antara jumlah kunjungan pasien di rumah sakit dan psikiater pada malam biasa dan bulan purnama.

2. Membuat manusia kejang-kejang karena serangan setan

Orang zaman dahulu percaya, jika peristiwa bulan ini datang maka setan akan semakin menyeramkan. Bahkan setan-setan tersebut bisa membuat manusia menjadi kejang-kejang tiba-tiba.

Penelitian di jurnal Epilepsy & Behavior di tahun 2004 menyatakan bila kejang itu adalah tanda dari penyakit epilepsi. Lebih lanjut, penelitian itu juga tidak menemukan hubungan antara epilepsi dengan bulan purnama, meskipun tidak sedikit pasien yang menyatakan serangan epilepsi terjadi saat bulan penuh muncul.

3. Anjing berubah menjadi semakin buas

Menurut catatan jurnal Medis di Inggris pada tahun 2001, diketahui jumlah gigitan hewan pada dokter akan meningkat pesat saat bulan purnama. Kenaikannya bahkan sempat dikatakan hingga 2 kali lipat.

Namun, peristiwa itu dibantah oleh peneliti dari Australia. Dalam penelitian itu, disimpulkan bila angka gigitan hewan, terutama anjing angkanya relatif sama di setiap malam, walaupun di bulan purnama sekalipun.

Baca Juga  58 Tahun Rekor Rebound Wilt Chamberlain dan Tak Ada yang Sanggup Melampauinya Hingga Kini

4. Hewan sakit saat Blue Moon

Menurut penelitian Universitas Colorado beberapa tahun silam, jumlah pasien rumah sakit hewan dilaporkan meningkat sekitar malam bulan purnama. Peningkatannya terjadi sebanyak 23 persen untuk kucing dan 28 persen untuk anjing.

Namun, kejadian tersebut diduga akibat kesalahan si pemilik. Saat bulan bersinar terang, pemilik hewan dilaporkan banyak membawa piaraan mereka keluar rumah untuk jalan-jalan. Hal itulah yang meningkatkan resiko kecelakaan pada hewan. (HAM)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.