Ada ‘Bantuan’ Indonesia di Misi Luar Angkasa Israel ke Bulan!
Ilustrasi Beresheet @Space

MALANGTODAY.NET – Mengadakan perjalanan ke luar angkasa menjadi salah satu usaha negara-negara di dunia untuk membuktikan usahanya meraih predikat adidaya. Hal tersebut yang coba dilakukan oleh Israel dengan meluncurkan robot pertama mereka ke luar angkasa. Menariknya, ada bantuan dari Indonesia dalam misi tersebut.

Dilansir dari Tempo.co, Jumat (22/2/2019), Israel akan meluncurkan robot Beresheet yang bertujuan untuk mendarat dan menjelajah daratan Bulan. Sebelumnya, misi ini hanya mampu dilakukan oleh Amerika Serikat (AS), Rusia dan China.  Robot yang didanai swasta ini rencananya akan diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, AS.

Beresheet memiliki mesin buatan Inggris dengan tinggi 1,5 meter dengan berat 585 kg. perjalanannya diprediksi akan menghabiskan waktu dua bulan. Namanya sendiri diambil dari Bahasa Ibrani yang berarti ‘pada awalnya’. Harapannya, robot ini akan menginspirasi banyak pihak untuk mengikuti jejaknya.

“Dengan melakukan apa yang kami kerjakan dan mencapainya dengan sumber daya terbatas yang kami miliki, serta keterbatasan pendanaan kami – saya pikir kami telah menunjukkan kecerdikan Israel. Kami telah memperlihatkan inisiatif dan mengembangkan teknologi, yang saya pikir akan menjadi penting. Saya pikir kita memang harus membawa Israel ke angkasa luar,” kata pendana utama, Morris Kahn.

Menariknya, perjalanan Beresheet ini akan membonceng satelit komunikasi Indonesia, Pasifik Satelit Nusantara. Perusahaan ini sendiri juga akan melakukan perjalanan dengan menempatkan satelit komunikasi baru perusahaan penyedia jasa telekomunikasi Indonesia.

Nantinya, Beresheet akan melakukan pendaratan di dataran lava di belahan utara Bulan, Mare Serenitatis. Robot itu nantinya akan mengirimkan foto ke Bumi dan melakukan sejumlah penyelidikan magnetik.

Terlepas nanti berhasil atau tidak, namun Beresheet diklaim sebagai pembuka jalan misi luar angkasa yang didanai pihak swasta. Sejauh ini, badan luar angkasa milik AS dan Eripa telah menyatakan keinginan untuk melakukan pendaratan komersial guna mengirimkan muatan ilmiah ke Bulan. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.