VPN @Istimewa
VPN @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Sejak semakin memanasnya kerusuhan di Jakarta kemarin, Rabu (22/5/2019), pemerintah memutuskan untuk memblokir beberapa sosmed. Alhasil, masyarakat termasuk para mahasiswa di Malang kewalahan.

Mereka mengeluhkan sulitnya berkomunikasi bahkan sulit mengakses internet untuk tugas. Untuk mengatasi masalah tersebut, mereka kemudian memilih menggunakan Virtual Private Network (VPN).

Jaringan ini pada umumnya memang digunakan untuk mengakses situs-situs gelap yang diblokir. Banyak dari mereka kemudian beralih berselancar ria di dunia maya menggunakan VPN.

Namun perlu diwaspadai, ternyata tak semua VPN aman. Beberapa VPN gratisan disinyalir justru membawa misi nakal. Ada beberapa penyedia yang sengaja menggunakan jaringan ini untuk merekam dan mencuri data pribadi pengguna.

“Memang untuk keamanan. Tapi, pemakaiannya semakin luas, banyak yang pakai VPN untuk menembus blokir,” ujar ahli keamanan siber dari Vaksincom, Alfons dilansir dari Antara Jatim (23/5/2019).

Untuk mengantisipasi adanya tindakan pencurian data, Alfons mengimbau masyarakat untuk teliti akan nama perusahaan pembuat jaringan tersebut. Jika perusahaan VPN gratis tersebut memang perusahaan yang memiliki spesialisasi di bidang keamanan siber, bisa dipastikan produk yang digunakan aman.

Cara lain untuk mengantisipasi hal ini yaitu dengan mencoba memvariasi situs web. Misalkan menjajal WhatsApp melalui dekstop. Kemudian dilansir dari Tempo.co, ZensTODAY juga bisa mengganti URL dengan IP.

Selain itu bisa juga dengan situs way back machine. Situs way back machine adalah situs yang telah mengarsipkan versi lama berbagai situs web. Terakhir bisa menggunakan Smart DNS Proxies. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.