Ini Dia, Lima Inovasi Unik Kamera Berbagai Produsen Smartphone
Ketajaman Kamera Oppo Smaryphone Terus Jadi Andalan (Pipit Anggraeni)

MALANGTODAY.NET – Ini dia, lima inovasi kamera Smartphone yang terus digelontorkan. Teknologi unik yang sengaja disematkan ponsel pintar pabrikan berbagai vendor itu terus menawarkan perbedaan signifikan dan menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

Media Engagement PT. Indonesia OPPO Electronics, Ira Nurianti mengatakan, ada banyak kecanggihan baru yang diusung oleh para vendor. Pertama, fitur kamera ganda, yang pertama kali di populerkan oleh HTC One M8 di 2014. Dilanjutkan oleh LG dan Huawei pada smartphone flagshipnya di 2016.

“LG menyematkan lensa sudut lebar wide angle sebagai unggulan  pada kamera smartphone mereka. Pengguna dapat  mengubah  mode wide angle  untuk mendapatkan gambar lebih luas,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima MalangTODAY.net.

Sedangkan Huawei, lanjutnya, mengambil sistem kamera ganda HTC, menggabungkan 2 kamera untuk hasil yang memuaskan. Kamera ganda akan menghasilkan efek bokeh yang menakjubkan, memberikan fokus terhadap satu objek. Huawei menyematkan fitur hitam putih pada kameranya yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan gambar monokrom.

Kemudian kedua menawarkan fitur Flash kamera Depan. Menurutnya, tak sedikit produsen yang serius mengembangkan flash kamera untuk mengatasi keluhan selfie di tempat kurang cahaya. Beberapa brand terkemuka memulai trend penggunakan flash tambahan diantaranya Sony pada model C3.

Kamera depan 5MP perangkat ini dibekali pula dengan LED Flash. Selain itu, Motorola dengan lini seri Moto X Style Pure Edition juga mengaplikasinan LED Flash pada kamera depannya.

Selanjutnya, OIS Pada Kamera Depan. Salah satu fitur yang paling baru, hardware image stabilization biasa ada pada smartphone kelas atas.  Yap, HTC 10 terdapat fitur OIS pertama di dunia pada kedua kameranya. Dengan kata lain, kamu tidak perlu khawatir akan hasil blur pada foto, tidak peduli dengan kamera yang kamu gunakan.
Berikutnya terletak pada Lensa Zoom, yang memang tidak banyak produsen memanfaatkan optical zoom kamera smartphone pada perangkatnya. Alasan di balik itu adalah optical zomm terlalu besar dan berat untuk  sebuah smartphone. Namun, hal itu tidak menghentikan beberapa produsen untuk mencoba.

“Usaha paling menonjol datang dari Samsung, memperkenalkan 2x zoom pada Galaxy S4 Zoom dan Galaxy K Zoom. Selain itu Samsung menawarkan 10x optical zoom dan sensor resolusi tinggi (16MP di S4 Zoom dan 20MP di K Zoom),” bebernya.

Namun ponsel yang sebenarnya biasa-biasa saja ini, tambahnya mungkin bukan menjadi yang solusi terbaik. OPPO juga berusaha untuk berinovasi untk menampilkan optical zoom pada perangkatnya.

Pada pergelaran MWC 2017, OPPO mengindikasikan merilis ponsel dengan optical zoom 5x namun tetap dalam perangkat yang tipis. Sebuah solusi menarik yang ditawarkan untu smartphone tipis berkemampuan zoom hingga 5x, OPPO pun menjanjukan hasil yang tetap jelas dan tajam.

Terakhir, fitur Kamera yang berputar. Inilah solusi yang dibicarakan oleh OPPO pada lini seri N1 dan N3. Perangkat dibekali dengan camera yang mampu berputar, secara sederhana jika pengguna ingin selfie posisi  kamera akan otomatis berubah. Fitur panorama juga berfungsi luar biasa kamera akan berputar sesuai arahan pengambilan objek.

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here