Sebut Kucing Benda Cair, Ahli Fisika Ini Malah Menangkan Nobel!
Benarkah kucing memiliki sifat benda cair? @Science

MALANGTODAY.NET – Jika kita lihat dan nalar secara logika, makhluk hidup seperti kita adalah benda padat karena memiliki bentuk dan ukuran tetap dan tak mengalami perubahan bentuk saat dipindahkan. Hal serupa juga berlaku pada hewan, dan makhluk hidup lainnya.

Namun pernyataan ini perlu diralat adanya. Sebab, seorang pakar fisika asal Prancis bernama Marc-Antoine Fardin berhasil memenangkan nobel karena menyebutkan teorinya bahwa kucing memiliki sifat yang mirip dengan benda cair. Makalah teoritisnya yang berjudul On the Rheology of Cats mengantarkannya meraih Ig Nobel Prize 2017 lalu.

Dilansir dari The Conversation, Ig Nobel Prize merupakan penghargaan yang diberikan oleh organisasi bernama Improbable Research. Organisasi ini mendedikasikan diri untuk sains dan humor yang bertujuan untuk menyoroti humor dalam perspektif kajian sains. Upacara penyerahan penghargaan ini diadakan setiap tahunnya di Harvard University, Amerika Serikat (AS).

Dalam risetnya, Fardin menjelaskan bahwa cairan merupakan zat yang mampu menyesuaikan bentuk sesuai dengan wadah yang ditempatinya. Ia menilai bahwa kucing juga memiliki sifat benda cair dengan mengupasnya dalam bidang ilmu reologi. Reologi sendiri adalah studi tentang deformasi dan aliran materi.

Fardin mengungkapkan fakta bahwa kucing ternyata memiliki potensi untuk mencair. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana kucing bisa menyesuaikan bentuknya berdasarkan wadah yang ditempatinya. Namun dengan syarat bahwa kucing diberi waktu relaksasi lebih dulu untuk menjadi ‘cairan’. Dalam studi reologi, fenomena ini dinamakan tiksotropi.

Dalam fisika, ada suatu fenomena yang diberi nama Bilangan Debora. Bilangan ini adalah contoh bilangan tanpa dimensi yang dalam reologi bisa digunakan untuk menentukan  keadaan atau karakteristik suatu benda atau sistem. Bilangan Debora tanpa dimensi, dan rasionya tidak memiliki dimensi.

Sudah pusing? Ya sudah, mari kita tertawai sejenak. Lalu berpikir. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.