Tanggung Jawab Pada Pengguna, Instagram Rilis Fitur Anti Kecanduan
Ilustrasi pengguna Instagram @GroupHigh

MALANGTODAY.NET – Kecanduan akan media sosial belakangan ini menjadi masalah sosial kerap menimpa pengguna smartphone. Melihat fenomena tersebut yang kian hari kian marak, salah satu social media populer, Instagram, telah merilis fitur anti kecanduan.

Yap, Instagram resmi meluncurkan fitur baru yang diberi nama Your Activity. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat data berupa waktu yang telah dihabiskan dalam menggunakan media sosial ini. Tak hanya itu, Your Activity juga menghadirkan tool yang bisa digunakan untuk membatasi akses harian.

Baca Juga: Simple, Ternyata Cara Ini Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Your Activity Instagram @The Verge

Dikutip dari DetikInet, Jumat (16/11/2018), Instagram menyediakan interval waktu yang berbeda. Tujuannya adalah sebagai pengingat sudah berapa lama pengguna menghabiskan waktu. Ada semacam notification yang akan muncul jika pengguna telah menghabiskan batas waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Fitur ini bisa ditemui di dalam ikon tiga garis horisontal di sudut kanan atas halaman profil Instagram. Setelah di-klik, akan muncul ikon Your Activity. Selanjutnya akan muncul berbagai pilihan sebagaimana yang telah dipaparkan sebelumnya.

Baca Juga: Ini 5 Teori Tentang Kehidupan di Luar Bumi, Boleh Percaya?

Meski demikian, pengguna Instagram diharapkan untuk bersabar menantikan Your Activity. Hal ini karena pihak pengembang kemungkinan besar akan merilisnya secara bertahap sampai tersedia untuk seluruh pengguna. Sebelumnya, fitur ini telah dibocorkan ke publik Agustus 2018 silam.

Pengembangan fitur anti kecanduan ini dikatakan sebagai bentuk tanggung jawab Instagram kepada penggunanya agar dapat menggunakan social media menjadi hal yang lebih produktif. Tak dapat dipungkiri bahwa hampir sebagai besar orang menghabiskan waktunya untuk berselancar di media sosial dan itu mengurangi produktivitas seseorang.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...