ilustrasi tidak menggendong bayi @nakita.id

MALANGTODAY.NET – Pernahkah terpikir mengapa kita tidak bisa mengingat kenangan semasa kita masih bayi? Bahkan kita juga tidak mampu mengingat kenangan semasa pra-sekolah. Umumnya, kita bisa mengingat kejadian-kejadian yang pernah kita alami sejak usia sekitar 4 tahun atau akan memasuki usia sekolah.

Ternyata, hal ini dikarenakan ketika kita masih bayi kita hanya memiliki ingatan semantik, bukan ingatan jangka panjang.  Beberapa yang mungkin diingat yaitu wajah orang tua dan beberapa kata.

Ingatan semantik itu terjadi ketika otak-otak kita semasa bayi masih belum dapat berfungsi sempurna. Dengan kondisi otak yang masih butuh pertumbuhan ini maka otak tidak dapat mengumpulkan informasi untuk dijadikan satu bentuk ingatan.

Memasuki usia 2 hingga 4 tahun, barulah otak mulai bisa merekam momen secara detail sebagai ingatan. Ingatan ini tersimpan dalam beberapa bagian dalam permukaan otak yang disebut cortex.

Adapun beberapa bagian otak yang menjalankan fungsinya masing-masing. Misalnya cortex auditori akan mengingat suara. Bagian otak ini berada di bagian sisi. Kemudian ada juga bagian otak yang untuk menyimpan ingatan visual yaitu cortex visual di bagian belakang.

Selanjutnya, ada juga bagian otak yang bernama hippocampus. Hippocampus inilah yang berperan dalam penyimpanan dan pengolahan memori jangka panjang.

Bagian yang disebut-sebut mirip dengan kuda laut inilah yang berperan untuk mengumpulkan potongan-potongan ingatan menjadi sutau bentuk ingatan kejadian yang utuh.

Salah satu faktor yang menyebabkan kita tidak dapat mengingat kejadian pada masa bayi yaitu karena bisa jadi saat itu hippocampus sedang berusaha menyatukan potongan informasi yang kita dapat.

“Cortex bagaikan kebun bunga yang bunganya berserakan di atas kepalamu. Hippocampus terselip rapi di tengah otak bertanggung jawab untuk menarik mereka dan mengikat mereka dalam sebuah buket atau ingatan,” ujar Patricia Bauer dari Emory University di Atlanta dilansir dari Live Science melalui Detik.com (11/3/2019). (AL)

Loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.