Voyager I (KETR)
Voyager I (KETR)

MALANGTODAY.NET – Melalui rekaman suara dan alunan gamelan yang dititipkan dalam pesawat antariksa tanpa awak, ternyata Indonesia pernah “mengucapkan salam kepada alien”. Tentunya bukan alien asli yang selama ini kita kenal dari spekulasi buku ya. Ini hanya perumpamaan kehidupan alam semesta.

Diketahui, Indonesia pernah ikut dalam mengirimkan informasi tentang Bumi yang diselipkan dalam misi Voyager I dan Voyager II. Voyager I telah diluncurkan pada 5 Juli 1977 dan disusul Voyager II pada 20 Agustus 1977. Menurut kabar yang beredar, Voyager I telah sampai di ruang antar bintang pada 20 Maret 2013 lalu.

Baca Juga  Objek Asing Lintasi Bumi, Pesawat Alien?

Menariknya, pesawat antariksa ini dibekali dengan Voyager Golden Record, apa itu? Voyager Golden Record adalah sebuah rekaman yang berisi tentang informasi Bumi. Informasi inilah yang kemudian disebut-sebut sebagai perkenalan Bumi dengan dunia luar angkasa.

Dalam rekaman tersebut terdapat 116 gambar, ucapan salam dalam 59 bahasa, dan lagu-lagu Internasional. Beruntungnya, Indonesia juga turut andil dalam program tersebut. Dilansir dari laman Good News From Indonesia (12/1/2019), Indonesia memasukkan audio salam dan alunan gamelan Puspawarna, dan potongan gambar penari Bali.

“Selamat malam hadirin sekalian, selamat berpisah dan sampai bertemu lagi di lain waktu,” itulah teks suara rekaman audio salam dari Indonesia dalam Voyager Golden Record.

Kemudian untuk alunan musik yang disertakan, Indonesia menyantumkan Puspawarna gubahan Sultan Mangkunegara IV. Lantunan musik ini memiliki durasi selama 4 menit 43 detik.

Terakhir, Indonesia juga memberi “salam perkenalan ke alien” dengan memberikan gambar penari Bali. Dari 116 gambar, gambar kebudayaan Indonesia ini berada di urutan ke-64.

Disisi lain, Presiden Amerika Serikat saat itu, Jimmy Carter juga memberi pesan bahwa misi tersebut adalah niat baik dari penduduk Bumi untuk mengagumi jagat raya.

“Kami siarkan pesan ini ke seantero kosmik… dari 200 miliar bintang di galaksi Bima Sakti, ada – atau beberapa – yang mungkin pada planet dan angkasanya terdapat habitat peradaban.

Baca Juga  Ngamuk! Little Monster Tidak Terima Patung Lady Gaga Mirip Alien

Bila salah satu peradaban menangkap Voyager dan dapat memahami isi dari rekaman cakram ini, inilah pesan kami, Kami sedang berusaha menjaga waktu kami agar bisa hidup dengan anda.

Kami berharap suatu hari nanti, bisa menyelesaikan permasalahan yang kami hadapi, untuk bergabung dengan komunitas Peradaban Galaktik. Rekaman ini merepresentasikan harapan kami dan ketetapan hati kami dan niat baik kami pada jagad raya yang sangat luas dan mengagumkan,” begitu pesan Jimmy dalam cakram rekaman tersebut. (AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.