Hujan meteor Geminid (ist)
Hujan meteor Geminid (ist)

MALANGTODAY.NET – Bulan Desember identik dengan hujan yang setiap hari mengguyur. Di penghujung tahun ini, total ada tujuh hujan meteor yang siap “mengguyur” langit malammu.

Berikut adalah ketujuh hujan meteor tersebut yang mengalami puncak intensitas di bulan Desember ini dilansir dari Penjelajah Langit.

Hujan Meteor Phoenicids

Hujan meteor ini akan mencapai puncak intensitas pada 2 Desember 2018. Sumber semu dari hujan ini yaitu rasi bintang Phoenix.

Hujan Meteor Puppid-velids

Lima hari kemudian, pada tanggal 7 Desember hujan meteor yang mencapai puncaknya adalah hujan meteor Puppid-velids. Pada malam ini, intesitas meteornya adalah 10 meteor per jam. Hujan meteor ini seolah-olah datang dari rasi bintang Puppis. Rasi Puppis akan terbit pada pukul 20.30 WIB. Pada saat ini, Bulan sedang berada pada fase Bulan baru.

Hujan Meteor Monocerotids

Kemudian ada hujan meteor Monocerotids. Pada puncaknya, 9 Desember 2018, hanya akan terlihat 2 meteor per jam. Sumber semu dari hujan meteor ini yaitu rasi bintang Monoceros. Rasi ini mulai terbit pada pukul 20.45 WIB.

Hujan Meteor Alpha Hyrids

Bersumber semu dari rasi bintang Hydra, akan ada 3 meteor yang akan melintas per jamnya di malam ini. Pada malam puncaknya, 12 Desember 2018, rasi bintang Hydra akan terbit pada pukul 23.00 WIB.

Hujan Meteor Geminids

Dari ketujuh hujan meteor yang melintas selama bulan Desember ini, hanya ada satu hujan meteor yang berintensitas besar. Hujan meteor yang dimaksud adalah hujan meteor Geminid. Hujan meteor tersebut mencapai puncak intesitasnya pada 14 Desember 2018. Yang menggembirakan, akan ada 120 meteor per jam yang melesat cepat di langit malam.

Lesatan meteor ini sudah bisa disaksikan sejak terbinya rasi Gemini pada pukul 20.50 dari arah Timur Laut. Pada saat ini, Bulan berada pada fase kuarter awal. Bulan akan tenggelam pada pukul 23.15 WIB sehingga akan lebih baik menikmati hujan meteor diatas jam tersebut

Baca Juga  Siap-siap! Malam Ini Ada Hujan Meteor Geminid di Indonesia

Hujan Meteor Comae Berenicids

Kemudian pada tanggal 16 Desember 2018, ada puncak hujan meteor Comae Berenicids. Jumlah meteor yang melesat per jamnya kurang lebih 3 meteor. Sumber semu hujan meteor ini adalah rasi Coma Berenices. Rasi ini terbit pukul 02.00 WIB.

Hujan Meteor Leonids Minored

di hujan meteor ini, akan ada 5 meteor yang melesat per jamnya. Sesuai namanya, hujan meteor ini datang dari rasi Leo. Rasi Leo pada tanggal 20 Desember nanti akan terbit pada pukul 23.00 WIB.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.