Hiu Putih Besar @Harian Analisadaily
Hiu Putih Besar @Harian Analisadaily

MALANGTODAY.NET – Selama ini kita mengenal hiu putih besar (Carcharodon carcharias) sebagai predator paling ganas di lautan. Namun, hiu ini ternyata bukan satu-satunya hewan yang tidak memiliki ketakutan terhadap apapun. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa hiu putih besar ternyata takut kepada paus pembunuh (Orcinus orca).

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports ini, dikatakan bahwa hiu putih besar akan menjauh bergerak menjauh ketika mengetahui kehadiran paus pembunuh di sekitar mereka.

“Saat terjadi konfrontasi dengan paus pembunuh, hiu putih akan seketika meninggalkan lokasi perburuannya dan tidak kembali lagi dalam jangka waktu satu tahun, meski paus hanya sekedar lewat,” ujar ahli ekologi kelautan dari Monterey Bay Aquarium Salvador Jorgensen dilansir dari Science Alert (18/4/2019).

Saat ada paus pembunuh mendekati lokasi mereka, hiu putih besar ini akan segera menjauh. Kemudian, mereka tidak akan kembali ke lokasi tersebut selama satu musim berlangsung.

Mereka memilih untuk bergeser ke kawasan pesisir. Bahkan penelitian juga menyebutkan bahwa hiu-hiu ini menuju ke tengah Samudra Pasifik. Di kawasan tersebut, hiu tetap tercatat memangsa gajah laut yang ada di lokasi tersebut.

“Setelah paus pembunuh muncul, tidak tercatat penampakan hiu dan tidak ada gajah laut yang mati,” ungkap salah satu peneliti Scot Anderson.

Meski demikian, belum diketahui pasti apa yang menyebabkan hiu putih besar ini takut akan kehadiran paus pembunuh. Menurut data sementara, paus yang terbunuh oleh hiu ini diketahui tidak memiliki sumber minyak ikan dan vitamin yang tinggi. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.