Hadiah Tahun Baru, NASA Rilis Foto Objek Misterius Terjauh Bumi
Bentuk Ultima Thule (NASA)

MALANGTODAY.NET – Awal 2019 ini Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memulai sebuah misi baru dalam eksplorasi ruang angkasa. Sebuah pesawat tanpa awak, New Horizon pada awal tahun ini dikonfirmasi telah mencapai titik terjauh, yaitu sekitar 6,5 miliar tahun dari Bumi. Zona ini disebut dengan Ultima Thule.

Ultima Thule sendiri menjadi sorotan setelah tertangkap teleskop Hubble pada 2014 silam. Sejak saat itu para peneliti berusaha untuk menjangkau zona tersebut.

Para peneliti percaya, dengan mendekati dan mempelajari Ultima Thule, misteri awal terbentuknya tata surya akan dapat terpecahkan.

“Ini adalah eksplorasi terjauh yang pernah dilakukan dalam sejarah,” kata peneliti utama Alan Stern dari Southwest Research Institute di Boulder, melansir Science Alert melalui Kompas.com pada Kamis (3/1/2019).

Menurut ahli NASA, New horizon bertemu dengan Ultima Thule tepat pada malam pergantian tahun baru di New York, Amerika Serikat. Enam jam kemudian para ahli di Laboratorium Fisika terapan john Hopkins dan Southwest Research menerima gambar pertama dari pesawat luar angkas tersebut.

Gambar yang diterima tersebut masih belum terlalu jelas atau buram. Namun para ahli menyatakan akan segera mempublikasikan gambar yang lebih tajam dan beresolusi tinggi.

Nantinya data yang dikirim dari pesawat luar angkas tersebut akan digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang planet ini. Data tersebut juga akan diteliti lebih lanjut untuk mengetahui secara jelas mengenai bentuk dari Ultima Thule yang terlihat seperti pin bowling.

Penulis: Kistin S
Editor: Kistin S

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.